Mengenal Saham GZCO, Bagaimana Prospeknya?

by -23 Views
Saham GZCO
Saham GZCO

MediaInvestasi.id Saham GZCO yang dimiliki oleh PT. Gozco Plantation, Tbk ditutup dengan kode hijau di sesi pertama  pada hari rabu. Kenaikan harga saham ini memberi kabar baik.

Dibandingkan dengan penutupan pada hari selasa, harga saham naik 1,2 persen. Harga saham GZCO pada tanggal 29 September 2021 ditutup dengan harga Rp 51 per saham.

Sejarah Saham GZCO

Dahulu, PT. Gozco Plantation, Tbk bernama PT.  Surya Gemilang Sentosa. Didirikan pada tanggal 01 Oktober 2001. Beralamat di jalan Raya Pasar minggu nomor 32, Gedung Graha Permata Pancoran.

PT. Golden Zaga Indonesia memiliki 5 persen atau lebih saham Gozco Plantation. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, kegiatan PT GZCO meliputi beberapa bidang usaha, diantaranya:

  • Usaha pertanian.
  • Usaha perdagangan.
  • Usaha  perindustrian dan jasa yang berkaitan dengan agrobisnis.

Untuk kegiatan utama menjalankan pengembangan dan pegnopersian perkebunan. Anak perusahaan melakukan perdagangan dan pengelolaan kelapa sawit dan minyak nabati.

PT Gozco Plantation memperoleh izin dari Bapepam untuk  melakukan penawaran saham GZCO perdana kepada masyarakat. Tanggal 15 Mei 2008 IPO PT gozco dicatat oleh Bursa Efek Indonesia dengan harga penawaran Rp. 225 per saham.

Anak  Perusahaan

Berita baik lainnya datang dari anak perusahaan PT. Gozco Plantation. Saham Golden Blossom Sumatra dibeli dengan nilai transaksi Rp. 350 miliar. Lahan perkebunan yang dimiliki Golden Blossom Sumatra memiliki usia tanam enam tahun yang menghasilkan.

Seputar Saham GZCO

PT. GZCO mencatat harga saham tertinggi pada harga Rp. 65 per lembar dalam sehari. Juga pernah mencatat harga terendah pada Rp. 50 per saham dalam sehari. Harga offer terendah berada di harga Rp. 52 per saham.

Harga saham seminggu lalu hingga hari ini naik sebesar 2 persen. Jika dibanding setahun lalu, bisa dinilai harga saham naik secara konsisten sebanyak 2 persen.

Total nilai transaksi saham PT.Gozco yang dicatat Bursa Efek Indonesia, nilai transaksi sebesar Rp. 44,40 miliar. Untuk saham yang ditransaksikan selama satu tahun oleh PT. Gosco mencapai 7.751.998 lot.

PT. Gozco menyiapkan belanja modal senilai Rp. 40 miliar untuk mendanai beberapa agenda bisnis. Fokus utama untuk tanam baru dan perawatan serta investasi fixed asset.

Anggaran untuk belanja modal senilai Rp. 11 miliar sebagai fokus utama. Perusahaan juga melakukan upgrade meningkatkan teknologi dan peningkatan peralatan  pabrik.

Untuk Anda yang tertarik untuk membeli Saham GZCO, mengingat peningkatan harga dari tahun kemarin  bisa menjadi bahan pertimbangan. Terobosan-terobosan baru terus dilakukan untuk menaikkan harga saham.  

Author