Memahami Mata Uang Stablecoin Dan Mata Uang Fiat

by -3 Views
mata uang Stablecoin
mata uang Stablecoin

MEDIAINVESTASI.ID – Setelah mengenal mata uang kripto atau cryptocurrency, kini muncul istilah Stablecoin dan mata uang fiat. Agar tidak bingung, mari berkenalan dengan dua jenis mata uang ini.

Stablecoin bisa dikatakan adalah kebalikan dari cryptocurrency. Jika mata uang kripto cenderung bergerak liar dan berfluktuasi sangat cepat, maka Stablecoin sebaliknya. mata uang ini cenderung stabil, walaupun tentu ada fluktuasinya juga.

Apa Itu Mata Uang Stablecoin?

Stablecoin mulai populer sejak awal 2020. Walaupun masih banyak yang belum memahami fungsi dan kelebihannya dibandingkan dengan mata uang kripto. Mata uang kripto digunakan untuk pembayaran yang lebih transparan dan cepat. Dengan sistem keuangan yang terdesentralisasi. Mata uang ini juga bisa dijadikan alat investasi.

Namun kelemahannya adalah, fluktuasinya sangat tinggi. Bahkan bisa terjadi beberapa kali perubahan dengan nilai besar dalam sehari. Bitcoin sebagai mata uang kripto paling populer pun tidak luput dari hal ini. Mata Uang Stablecoin

Berbeda dengan Bitcoin dan teman-temannya, Stablecoin tidak berfluktuasi terlalu sering. Nilainya cenderung stabil karena dipatok dengan rasio 1:1 ke berbagai aset. Stablecoin juga didasarkan kepada mata uang pembayaran internasional, yaitu Dollar AS. Mata Uang Stablecoin

Hal ini menjadikan Stablecoin lebih cocok digunakan sebagai alat pembayaran daripada alat investasi. Keunggulan lainnya adalah pemrosesannya yang instan dan keamanan yang terjamin.

Mata Uang Stablecoin

Apa Itu Mata Uang Fiat?

Mata uang Fiat adalah mata uang tanpa nilai intrinsik namun tetap diterima sebagai alat pembayaran yang sah. Ditetapkan pula sebagai uang melalui peraturan pemerintah. Mata uang fiat misalnya Rupiah, Dollar atau Poundsterling.

Nilainya tidak didukung oleh komoditas seperti emas atau perak, tetapi keberadaannya diakui secara sah oleh pemerintah. Setiap orang pasti sudah lazim menggunakan mata uang ini. Karena nilainya cenderung stabil dan dinaungi oleh undang-undang yang jelas, mata uang ini dipakai dengan sistem keuangan tersentralisasi.

Setelah mengenal Stablecoin, mungkin Anda akan memiliki pilihan yang lebih luas, akan memakai mata uang apa dalam transaksi yang menggunakan sistem desentralisasi. Karena Stablecoin harus didasarkan kepada mata uang Dollar, maka Anda harus menyediakan sejumlah dollar untuk memperolehnya.

(red/lyla/ibad)

Author