Seberapa Besar Peluang Bitcoin Gantikan Emas?

by -2 Views
Seberapa Besar Peluang Bitcoin Gantikan Emas?
Seberapa Besar Peluang Bitcoin Gantikan Emas? (source : market.bisnis.com)

MEDIAINVESTASI.ID – Bitcoin digadang-gadang dapat menggantikan emas sebagai alat investasi. Tentu saja karena kenaikan harga Bitcoin jauh melampaui emas. Terutama dalam enam bulan terakhir. Padahal resesi akibat pandemi belum sepenuhnya usai. Namun, seberapa besar peluang Bitcoin gantikan emas?

Emas telah lama menjadi salah satu aset investasi konvensional. Harganya yang cenderung meningkat dan fluktuasi yang kecil menjadi keunggulannya. Namun kenaikannya cenderung kecil, hanya 14-15 persen per tahun. Emas cocok dijadikan investasi jangka panjang, dengan ROI yang baru terasa setelah 4-5 tahun.

Berbeda dengan Bitcoin yang kenaikannya jauh melebihi emas. Dengan iklim investasi yang cepat berubah, para investor mengharapkan pengembalian yang cepat dan besar. Aset kripto adalah pilihan yang lebih cocok untuk investasi seperti ini.

Peluang Bitcoin Gantikan Emas, Kelebihannya?

Sebagai aset kripto, Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik. Hal ini akan menguntungkan investor karena tidak memerlukan biaya perawatan dan penjagaan yang tinggi. Bentuknya yang digital juga lebih mudah dimengerti oleh generasi muda.

Dengan transaksi peer to peer yang jauh dari peretasan, berinvestasi pada Bitcoin juga dianggap lebih aman. Apalagi didukung oleh perkembangan teknologi dan sistem moneter terdesentralisasi. Dimana setiap transaksi dapat diakses siapa saja hanya dengan internet dan ponsel pintar.

Author