Lima Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

by -1 Views
Lima Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui
Lima Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

MEDIAINVESTASI.ID – Lima Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui. Semakin banyak masyarakat yang mengenal mata uang kripto, membuatnya semakin banyak dipergunakan.

  • Ada banyak sekali kategori cryptocurrency yang mungkin belum familiar di telinga masyarakat.

Beberapa Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

Dari banyaknya kategori mata uang kripto, masing-masing memiliki keunikannya sendiri yang berbeda atau bahkan berbanding terbalik dari yang lain. Keunggulan tiap-tiapnya pun berbeda.

Apa saja kategori dari penggunaan cryptocurrency? Mari simak penjelasannya

• Security coins atau koin sekuritas merupakan mata uang crypto berjenis USDT dan BCap.

Koin sekuritas ini memberikan gambaran secara nyata tentang aset digital.

Kelebihan dari penggunaan aset ini adalah privasi yang lebih terjaga dengan pemisahan fitur jenis aset tertentu, meningkatkan likuiditas, dan bisa dimiliki dalam bentuk pecahan sehingga lebih terjangkau.

• Store of value merupakan kategori cryptocurrency yang mampu menyimpan kekayaan atau nilai dari pemilik dengan lebih baik dari emas dan uang tunai.

Contoh crypto jenis ini adalah Bitcoin dan Bitcoin Cash. Penggunaannya pun sudah banyak tersebar di berbagai lapisan masyarakat. Bitcoin juga menjadi koin crypto yang banyak digunakan serta dikenal luas.

Kelebihan dari koin ini adalah suplai yang langka, lebih murah dan aman dibandingkan emas, dan melindungi dari inflasi.

• Utility coins yang jika diartikan ke dalam bahasa indonesia adalah koin utilitas. Koin jenis ini memiliki fitur smart contract. Contoh jenis koin ini adalah Ethereum, Cardano, Binance Coin, dan Polkadot.

• Meme coins. Sesuai dengan namanya, koin meme ini merepresentasikan meme yang ada di dunia maya. Penggunaannya pun menjadi kontroversi karena masih diragukan manfaat utamanya.

Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui Contoh koin ini adalah Dogecoin dan Shibu Inu.

Digital currencies atau mata uang digital yang digunakan untuk transaksi kebutuhan sehari-hari. Contoh dari mata uang ini adalah Dash, Zcash, Litecoin, dan monero.

Beberapa kelebihan dari penggunaan mata uang ini adalah menjaga privasi pengguna dan lebih hemat dalam biaya transaksi.

Dari banyaknya kategori cryptocurrency, mana yang paling cocok dengan Anda? Pilihannya berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan manfaat apa yang ingin Anda dapatkan dari penggunaan cryptocurrency.

Lima Kategori Cryptocurrency yang Perlu Diketahui. Semakin banyak masyarakat yang mengenal mata uang kripto, membuatnya semakin banyak dipergunakan.

Author