Konsep Fiat Crypto, Mungkinkah Diwujudkan?

oleh -0 Dilihat
images 43

MEDIAINVESTASI.ID – Uang Fiat diterbitkan pemerintah (otoritas resmi) sebagai alat tukar perdagangan. Hal tersebut membuat Konsep Fiat Crypto selalu menjadi diskusi yang menarik.

Hadirnya Stablecoin membuat diskusi tersebut berkembang menjadi kemungkinan-kemungkinan. Mungkinkah Crypto menggantikan uang Fiat di dunia nyata? Apakah perbedaan dan kesamaan keduanya?

Konsep Fiat Crypto, Persamaan dan Perbedaannya

Uang Fiat adalah mata uang yang diterbitkan otoritas resmi setiap negara, seperti rupiah, dolar, dll. Melihat perkembangannya, apakah Konsep Fiat Crypto bisa diwujudkan? Berikut ulasannya.

Persamaan Fiat dan Crypto

Fiat dalam bahasa latin yang artinya ditentukan oleh otoritas. Maksudnya nilai Uang Fiat ditentukan oleh otoritas resmi. Dalam hal ini umumnya berdasarkan nilai emas.

Pemerintah juga yang mengatur peredaranya, untuk mengendalikan dan menstabilkan perekonomian negara. Caranya dengan melakukan stimulus, atau menaikkan suku bunga.

Hal tersebut sama dengan yang berlaku di Cryptocurrency. Untuk menjaga nilainya Blockchain akan membuat smart contract dan langkah lainnya yang menjaga kestabilan nilai aset Crypto.

Sampai sini kesamaan keduanya terlihat, yaitu sebagai alat investasi. Dari segi fungsi pun, konsep Fiat Crypto sama-sama digunakan sebagai:

• Alat tukar. Uang Fiat dan Crypto sama-sama bisa dijadikan alat tukar dalam transaksi jual beli.

• Satuan hitung. Ciri satuan hitung adalah bisa dibagi hingga pecahan kecil. Sebagai aset, uang Fiat dan Crypto bisa dipecah menjadi pecahan kecil atau besar. Pecahan kecil Crypto bernilai desimal.

• Penyimpan nilai. Crypto dan Fiat bisa menjadi store of value pada batas waktu tertentu. Misalnya nilai 1 dolar saat ini tidak akan banyak berubah tanpa intervensi atau dipengaruhi kejadian tertentu.

Perbedaan Uang Fiat dan Crypto

Uang Fiat dianggap jauh lebih aman daripada uang crypto. Kenyataannya, uang Fiat banyak mengalami pembobolan dalam sistem perbankan dan pengelolaan aset . Sementara crypto selalu memperbaiki sistem keamanannya baik dalam sistem Blockchain maupun wallet.

Legalitas adalah kelebihan uang Fiat yang tidak dimiliki uang crypto. Hal tersebut memicu diterbitkannya stablecoin yang mendasarkan nilainya pada uang Fiat atau emas, contohnya USDT.

Beberapa negara, seperti Nigeria, Philipina dan Vietnam sudah menggunakan Bitcoin sebagai mata uang Fiat. Walaupun hanya 30% bahkan kurang yang menggunakannya, konsep Fiat Crypto terbukti bisa diterapkan perlahan-lahan.

Author