Istilah HODL Dalam Kripto, Apa Pengaruhnya?

by -5 Views
Istilah HODL Dalam Kripto
Istilah HODL Dalam Kripto

MEDIAINVESTASI.ID – Istilah HODL Dalam Kripto, Apa Pengaruhnya?. Sudahkah akrab dengan istilah-istilah dalam aset kripto? Pasti Anda sudah mengenal istilah HOLD dalam kripto. Sebenarnya istilah tersebut merupakan bahasa slang dalam komunitas.

Pengertian Istilah HODL Dalam Kripto

Istilah ini sangat penting dalam budaya cryptocurrency yang menggambarkan pendirian untuk tetap berinvestasi dan tidak menyerah. Penggunaan istilah ini biasanya jika terjadi penurunan harga.

Hold on for dear life menjadi mantra favorit bagi pemegang mata uang Bitcoin. Istilah ini menyarankan pada pemilik  uang kripto untuk tidak lengah walaupun harga sedang tinggi-tingginya.

Asal Usulnya
Ejaan yang keliru ini memiliki arti memegang atau menggenggam. Berawal dari sebuah kekeliruan seorang pengguna pada forum GameKyuubi. Postingan tersebut dikenang sebagai momentum kejatuhan harga Bitcoin yang terjadi pada tahun 2013.

Anggota komunitas tersebut mengkritisi penjualan koin secara mendadak karena harganya jatuh. Anggota itu memiliki prinsip untuk tidak menjual koinnya walaupun harganya anjlok.

Pada awalnya istilah HOLD dalam kripto hanya merujuk pada Bitcoin, namun semakin berkembang kepada pemegang mata uang lain dan juga token.

Untung Dengan Strategi HODL

Para trader merasa banyak diuntungkan ketika menggunakan strategi ini. Bitcoin dapat bertahan pada pengembalian YTD sebesar 100 persen. Berikut beberapa keuntungan jika menggunakan strategi ini, antara lain:

Belajar Hal Baru
Banyak istilah baru dan dunia kripto terus berkembang. Anda perlu memotivasi diri untuk selalu belajar agar bisa mengikuti perkembangan. Sebab ilmu dunia kripto tidak ada di sistem pendidikan.

Keyakinan Tinggi
Untuk menjadi seorang holder, Anda harus memupuk keyakinan tinggi. Apalagi jika harus memutuskan dengan cepat dan seringkali banyak godaan yang ada. Jika tidak memiliki kepercayaan tinggi akan sulit untuk bertahan.

Sabar
Terkadang menyimpan mata uang kripto dalam jangka waktu lama menimbulkan rasa bosan. Hal ini akan mengajarkan Anda makna kesabaran. Menjadi trader kripto dengan kesabaran tidak akan merugi secara berturut-turut.

Mengendalikan Emosi
Anda harus bisa mengendalikan emosi menghadapi godaan mendapat keuntungan besar.

Istilah HODL dalam kripto akan memberikan pemahaman luas dan sikap lebih sabar untuk bermain di dunia cryptocurrency. (red/mii)

*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.

Author