Fear of Missing Out, Begini Strategi Menghindar

by -0 Views
Istilah Crypto Yang Perlu Diketahui, Fear of Missing Out, Begini Strategi Menghindar
Fear of Missing Out, Begini Strategi Menghindar

MEDIAINVESTASI.ID – Fear of Missing Out, Begini Strategi Menghindar. Zaman digital membuat istilah fear of missing out kian marak dipergunakan. Awalnya istilah ini diperuntukkan bagi pengguna media sosial yang merasa kecanduan untuk terus membukanya.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, FOMO juga bisa disandingkan untuk pelaku investor dan trader kripto.

Fear of Missing Out (FOMO) dalam Dunia Kripto

Apa itu sebenarnya FOMO? Generasi sekarang mengenalnya sebagai bentuk dari pribadi yang tidak mau ketinggalan suatu momen. Hal ini cenderung memberikan emosi khawatir dan takut kehilangan momen tertentu. Dalam dunia kripto, FOMO hadir menjadi wujud ketakutan kehilangan momen saat aset kripto naik, sehingga memaksakan untuk melakukan pembelian.

FOMO pada pelaku kripto menjadi hal yang bisa merugikan investor maupun trader. Melihat harga aset yang naik, berbondong-bondong berburu dan mendapatkannya, padahal belum tentu hal itu akan berlangsung jangka panjang.

Tips Menghindari FOMO pada Investor dan Trader Kripto

Jika tidak dihindari, efek fear of missing out ini akan memberi dampak buruk. Investor atau trader bisa mengalami kerugian karena membeli aset dengan harga yang tinggi.

Harga beli yang tinggi tidak menjamin penjualan yang tinggi juga. Karena itu perlu beberapa tips menghindari FOMO pada pelaku pemburu kripto.

Mindful Sebelum Membeli
Sebelum memutuskan membeli aset, pikirkan tentang jangka panjangnya. Tanyakan dalam diri tentang value apa yang akan didapat dengan mengikuti tren orang yang membeli dengan harga tinggi? Apakah akan menjamin harganya tidak akan turun? Seberapa fluktuatif harga dari aset yang ditawarkan? Jangan lupa untuk selalu cross and recheck saat hendak membeli aset.

Batasi Intensitas Membuka Market
Keseringan membuka pasar bisa membuat Anda terburu-buru dalam memutuskan pembelian. Melihat harga yang naik, Anda menjadi yakin akan keuntungan yang didapatkan manakala membelinya saat itu juga. Padahal belum tentu demikian.

Targetkan profit
Memiliki target yang jelas akan menjadi pengontrol Anda dalam memutuskan sesuatu. Jika profit sudah ditargetkan, maka FOMO ini akan perlahan memudar seiring dengan fokus Anda pada tujuan yang telah ditetapkan.

Fear of missing out dalam dunia kripto bisa diatasi dengan mengikuti tips di atas. Strateginya yaitu dengan berpikir sebelum beli, membatasi pembukaan market dan menargetkan profit. Jangan lupa untuk membeli sesuai budget yang telah disediakan, ya. (red/mii)

*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.

Author