Sovereign Wealth Fund Tanah Air Disahkan di Indonesia

by -0 Views
Sovereign Wealth Fund Tanah Air Disahkan di Indonesia
Sovereign Wealth Fund Tanah Air Disahkan di Indonesia

MEDIAINVESTASI.ID – Sovereign Wealth Fund Tanah Air Disahkan di Indonesia. Awal 2021 sebuah lembaga resmi didirikan dan disahkan. Dengan menggunakan konsep sovereign wealth fund tanah air, akhirnya Indonesia Investment Authority disahkan.

Lembaga pengelola investasi yang baru ini diharapkan bisa memperbaiki perekonomian Indonesia dan mengurangi utang negara.

Sovereign Wealth Fund

Kehadiran lembaga ini digadang-gadang akan mampu membawa angin segar bagi perekonomian bangsa. Bahkan diprediksi mampu mengurangi utang negara. Apa tugas dan wewenangnya dan payung hukum apa yang melindunginya? Mari kita ulas.

INA Berkonsep Sovereign Wealth Fund Tanah Air
Indonesia Investment Authority(INA) diresmikan pada awal tahun 2021. INA bisa juga disebut sebagai Lembaga Pengelola Investasi yang dibentuk oleh pemerintah pusat. Tujuannya adalah mengelola investasi yang masuk ke bangsa ini yang nantinya akan digunakan untuk pertumbuhan ekonomi tanah air.

Menurut Kemenkeu dalam laman resmi mereka bahwa konsep INA secara global dikenal sebagai Sovereign Wealth Fund tanah air. SWF sendiri merupakan investasi pemerintah dengan dana abadi. Dana ini diinvestasikan ke beberapa instrumen, seperti deposito untuk mendapatkan bunga, saham untuk mendapatkan gain atau dividen, dan lain sebagainya.

Dana abadi sendiri, berasal dari dana APBN dan penerimaan lainnya yang sah. Dana ini tidak boleh diambil, hanya pendapatannya seperti bunga dan dividen saja yang boleh diambil dan dipergunakan.

Wewenang INA/LPI
* Melakukan penempatan dana dalam instrumen keuangan
* Menjalankan kegiatan pengelolaan aset
* Melakukan kerjasama dengan pihak lain termasuk trust fund
* Menentukan calon mitra Investasi;
* Memberikan dan menerima pinjaman; dan/atau
* Menata usahakan aset.

Tidak hanya terbatas dengan enam hal di atas, INA/LPI juga dapat bekerjasama dengan mitra investasi, BUMN dan lembaga terkait lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Dengan terbentuknya sovereign wealth fund tanah air atau dana abadi ini, maka Indonesia tidak perlu lagi khawatir akan biaya pembangunan negara. Bangsa ini bukan hanya memiliki sumber pembiayaan berbasis pinjaman, tetapi juga dalam bentuk saham. Tentu saja sangat diharapkan dengan kehadiran SWF, Indonesia akan bertumbuh lebih pesat lagi pada tahun-tahun yang mendatang. (red/mii)

*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.

Author