Investasi Saham Pemula Mudah dan Tidak Ribet!

oleh -0 Dilihat
Investasi Saham Pemula
Investasi Saham Pemula

MEDIAINVESTASI.ID – Investasi saham pemula memang sedang diminati banyak kalangan terutama milenial. Hal itu lantaran semua orang menginginkan kehidupan yang stabil dan mapan secara keuangan. Tidak hanya bekerja keras, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah investasi saham.

Namun, masih banyak orang untuk mencoba lantaran takut bermasalah dan uang hilang. Padahal investasi saham secara benar dapat membantu Anda memperoleh pendapatan secara pasif. Nah, sebelum berinvestasi pastikan Anda mengetahui tips investasi berikut!

Investasi Saham Pemula Mudah dan Tidak Ribet!

Tata cara berinvestasi saham untuk pemula dapat dilakukan dengan membuka rekening yang sudah difasilitasi oleh pihak perusahaan sekuritas. Setelah itu, Anda dapat membuka rekening efek Anda bisa memulai untuk berinvestasi saham dengan cara top up dana melalui rekening efek.

Setiap saat Anda melakukan transaksi membeli saham, maka pihak perusahaan sekuritas bakal mengambil biaya transaksi.

Biaya transaksi yang dikenakan setiap perusahaan berbeda untuk tiap perusahaan sekuritas. Umumnya, biaya transaksi yang dipungut sekitar 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Namun, pihak perusahaan keamanan hanya mengambil biaya 0,15 % sebagai pembelian dan 0,20% guna penjualan.

Memilih Saham Perbankan
Tips berinvestasi selanjutnya ialah penentuan saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan maupun consumer goods.

Anda perlu tahu, kedua jenis perusahaan tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan dengan bisnis cenderung sederhana dan diklaim bisa mencetak keuntungan secara signifikan tiap tahun. Maka dari itu, harga saham umumnya akan mengalami kenaikan dan stabil.

Beli Saham yang Dikeluarkan Oleh Pihak BEI
Sebelum melakukan pembelian sahan, Anda perlu memberikan kepastian bahwa saham yang dibeli telah didaftarkan di BEI (Bursa Efek Indonesia). BEI merupakan pihak penyelenggara sekaligus penyedia sistem sekaligus sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek dari pihak lain dengan tujuan untuk berdagang efek. Tidak hanya itu, BEI dapat diakses melalui situs resminya menunjukkan kedetailan profil setiap anggota bursa maupun partisipan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelian saham.

Selain tips di atas, usahakan Anda membeli saham di saat harganya turun. Apabila harganya mengalami kenaikan Anda bisa menjualnya kembali untuk memperoleh keuntungan. Selain itu, pastikan Anda memilih investasi jangka panjang. Itulah beberapa tips investasi saham pemula yang wajib Anda perhatikan sebelum memulai investasi.

(red/mii)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author