Hari Ini Dua Faktor Pemicu Naik Turunnya IHSG

by -0 Views
Faktor Pemicu Naik Turunnya IHSG Hari Ini
Faktor Pemicu Naik Turunnya IHSG Hari Ini

MEDIAINVESTASI.ID – Hari Ini Dua Faktor Pemicu Naik Turunnya IHSG. Secara umum, harga saham yang tidak stabil merupakan hal yang sangat wajar. Kenaikan dan penurunan saham yang kemudian terindeks dalam IHSG hari ini dipengaruhi oleh dua faktor.

Faktor Pemicu Naik Turunnya IHSG Hari Ini

Selayaknya barang atau komoditi ekonomi lainnya, IHSG juga mengalami penurunan dan kenaikan yang fluktuatif. Faktor penyebabnya pun beragam. Namun satu hal yang pasti, yakni harga saham yang terindeks menggambarkan pola permintaan dan penawaran yang terjadi.

Seperti yang telah disinggung, bahwa faktor pemicunya ada dua. Nah, kedua faktor itu sendiri memiliki beberapa pemicu. Berikut ulasannya secara singkat.

Faktor Eksternal
Setidaknya ada tiga kondisi yang termasuknya menjadi pemicu terjadinya perubahan IHSG hari ini dari luar perusahaan, yakni :

Kondisi Perekonomian Secara Makro
Maksud dari kondisi perekonomian secara makro adalah tentang bagaimana kondisi perekonomian dunia secara keseluruhan. Terutama tentang hal yang menyangkut kebijakan dari bank dunia (World Bank).

Pengaruh Dari Kurs Tukar Valuta Asing
Hal kedua yang menjadi pemicu dari luar perusahaan adalah tentang nilai tukar valuta asing. Hal ini suka tidak suka menjadi pemicu kenaikan dan penurunan yang cukup drastis. Pasalnya, negara Indonesia menggunakan rupiah, sementara mata uang dunia yang diterima luas adalah USD.

Kebijakan Pemerintah
Faktor pemicu yang ketiga yang berasal dari luar perusahaan adalah berbagai kebijakan yang pemerintah terapkan. Nah, maka daripada itu untuk bisa mendapatkan IHSG yang stabil, sangat butuh dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya tentu kebijakan pemerintah.

Faktor Internal
Faktor internal menjadi pemicu lain. Faktor ini datangnya dari dalam perusahaan yang bersangkutan. Kurang lebih ada dua hal yang memberikan pengaruh dahsyat untuk terciptanya pola grafik IHSG yang bagus.

Proyeksi Kinerja Perusahaan Dimasa Mendatang
Satu dari dua hal yang memicu IHSG bagus dari dalam perusahaan adalah ramalan proyeksi tentang kinerja perusahaan untuk masa mendatang.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah angin segar bagi para pemegang saham dan stakeholders lainnya. Sehingga yang berkepentingan tentu saja akan melakukan aksi menahan saham, bahkan bila perlu stok saham yang ada akan terus diburu.

Imbas Dari Aksi Korporasi
Kejadian yang terjadi antara dua perusahaan atau lebih juga memicu terpolanya grafik IHSG yang labil. Apa saja yang termasuk aksi korporasi tersebut? Berikut beberapa listnya :

Merger
Akuisisi
Right Issue
Joint Venture
Divestasi, dll

Demikianlah beberapa aksi korporasi yang bisa mempengaruhi cetak grafik IHSG. Seluruhnya bisa digunakan untuk memompa posisi IHSG hari ini yang mungkin telah membuat beberapa sesi mengalami penurunan. Sekian.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author