Saham Terkena Suspensi Tiba-Tiba? Kenali Pemicunya!

by -0 Views
Saham Terkena Suspensi
Saham Terkena Suspensi

MEDIAINVESTASI.ID – Saham Terkena Suspensi Tiba-Tiba? Kenali Pemicunya!. Tiba-tiba tidak bisa melakukan trading saham. Ternyata semua saham yang dimiliki oleh Anda karena suspensi? Wah, ada yang tidak beres sepertinya. Kenali dan pahami apa saja yang bisa membuat saham terkena suspensi

Apa dan Mengapa Bisa Saham Terkena Suspensi?
Saham tersuspend bukanlah tanpa alasan. Ketika saham tiba-tiba terkena suspense, biasanya ada pemicunya yang bisa saja tidak Anda sadari. Untuk itu, pahami dan kenali berbagai pemicunya.

Suspensi saham merupakan kebijakan istimewa yang dimiliki oleh penyelenggara jual beli saham, yakni BEI (Bursa Efek Indonesia). Hal ini terjadi bila BEI menemukan transaksi yang mencurigakan, atau Anda ternyata secara tidak sadar telah melakukan satu pelanggaran.

Saham Terkena Suspensi

Macam-Macam Pelanggaran Pemicu Saham Terkena Suspensi
Apabila telah mengetahui apa dan mengapa saham bisa terkena suspense. Maka selanjutnya adalah mengenali berbagai pemicunya. Nah, berikut ini adalah pembahasannya secara singkat.

Unusual Market Activities
Biasanya disingkat sebagai UMA, yakni sebuah kejadian yang mengakibatkan harga saham bergerak liar tidak terkendali. Nah, untuk kejadian ini BEI menerapkan suspend adalah jalan satu-satunya sebagai bentuk pengendaliannya.

Sehingga BEI memegang kendali penuh terhadapnya, dan harapannya tidak ada pihak yang dirugikan akibat pergerakan harga saham yang tidak terkendali tersebut.

Permasalahan Hutang Piutang
Opsi memblokir saham juga bisa BEI terapkan pada perusahaan yang memiliki masalah hutang piutang dengan bank yang belum terselesaikan. Mengapa demikian? Karena permasalahan ini, memberikan dampak pada jalannya perusahaan yang tidak sebagaimana mestinya.

Adanya Kebijakan Yang Tidak Terungkap
Hal berikutnya adalah tentang adanya beberapa kebijakan fundamental yang tidak terungkap ke publik. Seperti aksi merger dan atau akuisisi yang terjadi dalam internal perusahaan.

Nah, desas desus yang pada akhirnya bocor ke publik bisa mengakibatkan harga saham tidak stabil. Kejadian ini tentu saja bisa menjadi pemicu bagi BEI untuk memutuskan bahwa saham terkena suspensi.

Kecurigaan Adanya Insider Trading
Pernah dengar kata insider trading? Ya, betul sekali, istilah ini menjadi populer belakangan tahun ini. Insider Trading merupakan sebuah tindakan “menggoreng” saham.

Maksudnya adalah, tindakan memperjual belikan saham yang memiliki reputasi dan kinerja buruk dengan harga yang tidak stabil. Nah, apabila BEI mengendus tindakan goreng-menggoreng ini. ‘

Tentu saja saham yang Anda miliki beresiko untuk di suspend. Untuk itu, hindari memperjualbelikan saham dengan harga yang tidak wajar.

Demikianlah lima pemicu dari saham terkena suspensi. Pahami dengan baik berbagai pemicu dan tindakan pelanggaran tersebut. Hal ini tentu saja demi kelancaran bisnis trading yang tengah Anda jalankan. Sekian.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author