Aset Kripto Dapat Diretas! Simak Tips Mencegahnya

by -0 Views
Aset Kripto Dapat Diretas
Aset Kripto Dapat Diretas

MEDIAINVESTASI.ID – Aset Kripto Dapat Diretas! Simak Tips Mencegahnya. Bukan hanya rekening tabungan saja yang bisa dibobol. Aset kripto dapat diretas juga oleh para penjahat cyber. Salah satu kasus pencurian terbesar aset kripto terjadi pada tanggal 11 Agustus lalu. Dengan aset yang dicuri sebesar USD 613 juta dari PolyNetwork.

Kenyataan bahwa aset kripto dapat diretas bisa jadi membuat sebagian investor ketar-ketir. Namun setiap masalah tentu ada pemecahannya. Peretasan aset kripto juga memiliki cara pencegahan.

Aset Kripto Dapat Diretas

Cara Mencegah Peretasan Aset Kripto
Memiliki aset kripto yang notabene aset cyber memang memerlukan kehati-hatian. Juga pengetahuan tentang cara mencegah kejahatan tersebut. Berikut adalah tips mencegah peretasan aset kripto.

Memilih platform yang aman
Gunakan platform atau media exchange yang aman, telah terdaftar di Bappebti dan memiliki track record yang bagus. Platform yang telah terdaftar tentu memiliki regulasi dan keamanan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Cari dan pelajari secara spesifik sistem pengamanan, jaminan asuransi serta penyimpanan di platform tersebut melalui web mereka. Selain itu, tentu Anda harus memilih kripto yang ditransaksikan di platform resmi. Misalnya Bali Token, token asli Indonesia yang memiliki visi membangkitkan pariwisata Bali. Bali Token dapat dibeli di Indodax dan BSC.

Secara berkala ganti kata sandi akun
Sebagaimana akun online lainnya, akun untuk bertransaksi kripto juga harus mengalami pergantian kata sandi. Lakukan secara berkala dan gunakan kombinasi angka, huruf serta simbol. Jika perlu, gunakan pengamanan ganda saat membuat akun.

Cari tahu trik-trik umum peretasan kripto
Tidak semua penawaran kripto, walaupun menggiurkan, harus dicoba. Selektiflah memilih penawaran. Tolak iming-iming yang menjanjikan hal berikut:

  • * Keuntungan luar biasa besar dalam waktu yang singkat.
    * Transaksi yang hanya menerima pembayaran menggunakan mata uang kripto.
    * Pesan atau email yang meminta pengiriman mata uang kripto.

Gunakan penyimpanan offline
Pada umumnya kripto bisa disimpan di akun yang sama. Atau menggunakan dompet online. Namun tidak ada salahnya mengamankan kripto di dompet offline yang berbasis perangkat lunak.

Namun tetap perhatikan keamanan karena perangkat lunak pun tidak lepas dari usaha peretasan. Anda sebaiknya memiliki kunci pribadi dari jaringan pada perangkat. Mirip USB flash drive. Risikonya hanya satu: perangkat ini mudah hilang.

Walau aset kripto dapat diretas, dengan pengamanan yang baik investor bisa mengamankan asetnya. Semoga bermanfaat.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author