Harga Saham BBRI Hari ini, 2 Alasan Naik

by -0 Views
Harga Saham BBRI Hari ini
Harga Saham BBRI Hari ini

MEDIAINVESTASI.ID – Harga Saham BBRI Hari ini, 2 Alasan Naik. Selama Bulan November ini saham BBRI mengalami penguatan. Harga saham BBRI hari ini sempat mengalami pelemahan di penutupan IHSG Jumat 12 November kemarin.

Apa penyebab naik turunnya saham. Berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

Harga Saham BBRI Hari Ini, 3 Alasan Turun Naiknya Harga Saham
Sejak tanggal 9 bulan lalu, saham BBRI terus mengalami penguatan hingga Jum’at kemarin. Harga saham BBRI hari ini masih mungkin terkoreksi hingga Minggu depan menurut prediksi para ahli.

Harga Saham BBRI Hari ini

Melansir situs sikapiuangmu.ojk.go.id, naik turunnya harga saham adalah yang biasa terjadi seperti halnya harga barang lainnya di pasar tradisional. Harga naik karena permintaan tinggi. Harga turun karena permintaan turun.

Naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Berikut pembahasannya lebih lanjut.

Faktor Eksternal
Faktor eksternal, atau faktor dari luar perusahaan merupakan salah satu yang cukup sering menggoyahkan kekuatan IHSG yang sedang menguat. Seperti yang terjadi Jumat kemarin.

Faktor eksternal memiliki pengaruh besar tersebut adalah.

Fundamental ekonomi makro
Naik turunya suku bunga Bank Sentral Amerika, naik turunnya suku bunga BI, tingginya inflasi, serta faktor keamanan dan gejolak politik negara.

Suku bunga perbankan juga bisa menjadi elemen lain yang menambah warna pergerakan saham. Manuver perusahaan agar meraih untuk banyak dan meminimalisir beban biaya menjadi bahan pengamatan penting para investor.

Fluktuasi mata uang asing terhadap rupiah
Turunnya nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing akan menjadi beban bagi perusahaan yang memiliki beban hutang mata uang asing.

Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah, bahkan yang masih merupakan wacana adalah cerminan keberpihakan pemerintah. Sehingga walau belum berjalan pasar akan bergejolak menanggapinya.

Faktor panik
Berita-berita khusus dapat menekan dan menimbulkan panic selling. Tekanan untuk menjual ini tidak perduli dengan harga turun karena menghindari harga yang terjun bebas.

Faktor manipulasi pasar
Hal ini biasa dilakukan perusahaan dengan memanfaatkan momen atau berita tertentu sehingga timbul praduga. Hal tersebut akan menimbulkan aksi beli atau jual yang mempengaruhi pasar.

Selain faktor eksternal atau di luar perusahaan. Ada juga faktor internal atau di luar perusahaan.

Faktor internal
Faktor dari dalam perusahaan yang menyebabkan harga saham menguat dan melemah adalah:

Keadaan fundamental perusahaan
Fundamental perusahaan yang baik dan stabil akan membuat kecenderungan sahamnya selalu menguat.
Kegiatan korporasi internal
Kebijakan jajaran manajemen perusahaan yang akan mempengaruhi seluruh perusahaan seperti merger, right issue, akuisisi, dan divestasi.

Proyeksi masa depan perusahaan
Proyeksi tersebut bisa dilihat dari analisa fundamental perusahaan. Seperti rasio utang, dividen tunai, PBV, EPS dan tingkat laba. Analisis yang tepat akan memberikan high return pada saham yang dibeli.

Harga saham BBRI hari ini adalah hasil dari faktor eksternal dan internal, yang menyebabkan penguatan dan pelemahan. Namun demikian, fundamental perusahaan dan negara adalah faktor terpenting dari semuanya.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author