BEI: Kenali Kode Broker Saham dan Tipe Investor

by -3 Views
Saham Dilepas Investor Asing, Perdagangan Bursa Saham Digital, Kode Broker Saham
Perdagangan Bursa Saham Digital

MEDIAINVESTASI.ID – BEI: Kenali Kode Broker Saham dan Tipe Investor. BEI akan mulai memasukkan kode broker saham dan tipe investor akan menggunakan fitur dengan sistem terbarunya  pada 6 Desember 2021.

Kode Broker Saham

Peluncuran sistem ini akan di selenggarakan di Jakarta Automated Trading System (JATS). Pada saat yang bersamaan akan memulai proses penutupan kode tersebut.

Pengertian Kode Broker Saham dan Tipe Investor
Sebelum melangkah lebih lanjut, kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kode broker saham dan tipe investor. Penjelasannya dapat dilihat di bawah ini.

Kode Broker Saham
Kode broker saham merupakan suatu kode yang digunakan untuk sebagai identifikasi perusahaan sekuritas dengan ketentuan terdaftar resmi pada Bursa Efek Jakarta (BEI). Juga pada Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Tipe Investor
Tipe investor dalam investasi adalah jenis profil risiko agar dapat menemukan produk yang sesuai dengan karakter investor. Terdapat tiga tipe investor. Pertama adalah konservatif, yang cenderung memilih jenis investasi yang stabil, berisiko rendah, atau bahkan tidak memiliki risiko sama sekali.

Kedua adalah moderat. Tipe ini adalah tipe risiko investor sedang dan memiliki tujuan finansial jangka menengah. Tipe terakhir adalah agresif, yaitu investor dengan profil risiko yang tinggi dan siap jika investasi pokoknya berkurang.

Pemakaian Fitur Baru Pada BEI

Pada fitur terbarunya, BEI tidak akan memperlihatkan anggota bursa yang sedang bertransaksi dengan saham tertentu. Juga termasuk tipe investor pada saat perdagangan berlangsung. Namun, hal ini dapat diketahui setelah waktu perdagangan selesai.

Pertimbangan dilakukan fitur baru ini adalah untuk mengurangi adanya kebiasaan menggiring pasar pada saham-saham tertentu yang dirasakan lebih potensial. Hal ini tentu saja akan membuat pacar semakin bergairah. Selain itu pula,terdapat pertimbangan untuk meningkatkan tata kelola pasar.

Pertimbangan teknis lainnya adalah penutupan kode broker ini diharapkan dapat mengurangi kebutuhan bandwidth data. Sebab, tingginya volume perdagangan yang membutuhkan bandwidth akan menyebabkan keterlambatan kegiatan trading yang dilakukan.

Hal ini dijelaskan tidak akan membuat bursa semakin tertutup, karena informasi di dalamnya masih dapat diakses pada akhir perdagangan.

Perubahan kode broker saham dan tipe investor pada fitur terbaru BEI tentu saja akan membuat pola trading yang berbeda bagi investornya. Anda tentu harus mencermati perubahan ini dan beradaptasi dengan cepat.

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author