Empat Musim di Pasar Modal, Wajib Diketahui

by -0 Views
Empat Musim di Pasar Modal
Empat Musim di Pasar Modal

MEDIAINVESTASI – Empat Musim di Pasar Modal. Musim di pasar modal sangat bervariasi dan bisa mempengaruhi harga serta nilai dari saham. Pola yang berlaku, mengikuti kegiatan dari pelaku investasi. Harga bisa menguat dan melemah tergantung dari bagaimana aktivitas investor dan trader.

Resiko kerugian dari berinvestasi saham bisa Anda minimalisir dengan mengetahui musim yang sering terjadi pada pasar modal. Apa saja jenis musim pada pasar modal? Inilah 4 musim dari pasar modal yang patut Anda ketahui untuk menghindari kerugian.

Empat Musim di Pasar Modal

Berapapun slot saham yang Anda miliki, wajib mengetahui trend pasar. Mengetahui musim di pasar modal berguna untuk menghindari kerugian dari pelaku investasi. Simak 4 musim ini yang patut Anda ketahui.

Santa Claus Rally
Musim yang paling dekat dari bulan November sekarang adalah Santa Claus Rally yang akan berlangsung pada bulan Desember mendatang. Sesuai namanya, Santa Claus, yang identik dengan Hari Raya Natal. Musim ini terjadi karena banyaknya investor yang melakukan pembelian saham pada bulan Desember.

Window Dressing
Mendekati akhir tahun, harga saham akan cenderung menguat. Ini disebabkan oleh fund manager yang mempercantik portofolio sehingga memiliki laporan yang cenderung bagus. Selain itu, banyak juga dari emiten yang melakukan praktik ini guna merapikan laporan keuangan.

January Effect
Setelah Window Dressing, January Effect akan muncul. Ini berkaitan dengan bonus tahunan yang dikeluarkan oleh perusahaan ke investor. Bonus ini mereka gunakan untuk membeli lagi saham yang lain atau yang baru.

Sell in May and Go Away
Biasanya periode Mei sampai Oktober para investor mendapatkan hasil yang lebih rendah dari bulan yang lain. Sehingga banyak dari investor atau trader yang memutuskan untuk menjual sebagian besar sahamnya pada periode ini. Hal ini dilakukan untuk mengindari perolehan hasil yang rendah tadi.

Musim yang terjadi pada pasar modal bergantung pada pelaku investasi. Harga menguat jika banyak yang membeli dan harga menurun jika banyak yang melakukan penjualan. Itulah 4 musim di pasar modal yang patut Anda ketahui.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author