Apa Itu Altcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

by -4 Views
Mata Uang Digital Harga Naik, Platform Investasi Aset Crypto, Apa itu Altcoin?
Platform Investasi Aset Crypto

MEDIAINVESTASI.ID – Apa Itu Altcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?. Secara keseluruhan, perkembangan aset crypto saat ini sudah lebih dari 10.000 mata uang. Salah satunya apa itu Altcoin sebagai mata uang crypto yang diperdagangkan. 

Apa itu Altcoin?

Bagi yang sudah lama mengenal mata uang ini bisa menjadi referensi untuk mendapat keuntungan. Namun, untuk yang baru saja bergabung di cryptocurrency bisa memahami penjelasan berikut ini.

Jenis mata uang crypto ini merupakan alternatif dari bitcoin. Penamaan koin ini merupakan gabungan dari kata alternatif dan koin berasal dari Bahasa Inggris. 

Pertama kali muncul pada tahun 2011, koin ini bernama namecoin dengan pengembangan dari bitcoin. Namecoin merupakan bagian dari sejarah dari Altcoin yang menunjukkan masih ada peluang di cryptocurrency.

Cara Kerja Altcoin

Harga koin ini akan mengikuti harga mata uang bitcoin. Namun, ada pengaruh dari ekosistem investasi pada mata uang crypto. Perkembangannya di pasar crypto menjadikannya lebih independen serta terlepas dari harga bitcoin. Untuk memahami cara kerjanya, berikut sistem beroperasinya di teknologi blockchain antara lain:

Spekulatif

Apa itu Altcoin merupakan aset yang sangat spekulatif dan volatil. Menjadi spekulatif sesuai dengan penggerak utama di pasar crypto. Sehingga penting untuk Anda melakukan riset terlebih dahulu. Sebelum melakukan investasi ada baiknya tidak berdasarkan rumor-rumor yang berkembang.

Ketika hanya mendasarkan pada rumor, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian yang cukup besar nantinya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain, siapa yang menjadi pengembang koin dan masalah yang sering terjadi.

Siapa saja yang menjadi penjamin keuangan dari koin ini dan bagaimana kinerja penjamin tersebut juga perlu Anda pahami.

Dampak Lingkungan
Koin ini tergantung juga pada perkembangan bitcoin sehingga memiliki dampak lingkungan. Energi untuk melakukan kegiatan penambangan bitcoin sendiri cukup besar sehingga menjadi salah satu kekurangannya. 

Per 1 Agustus 2021 saja, konsumsi energi dengan perhitungan yang dilakukan oleh Diginomist mencapai 151, 57 TWh. 

Apa itu Altcoin serta memahami cara kerjanya akan memudahkan Anda ketika berhadapan dengan pasar cryptocurrency yang dinamis.

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author