Keuntungan Investasi Obligasi Ada 6 yang Wajib Anda Tahu

by -0 Views
Keuntungan Investasi Obligasi
Keuntungan Investasi Obligasi

MEDIAINVESTASI.ID – Keuntungan Investasi Obligasi Ada 6 yang Wajib Anda Tahu. Ada banyak investasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia baik yang baru maupun peminat lamanya. Salah satunya keuntungan investasi obligasi yang lebih menjanjikan dibandingkan deposito.

Keuntungan Investasi Obligasi

Pengertian Obligasi 
Merujuk pada otoritas jasa keuangan, investasi jenis ini merupakan bentuk pemberian pinjaman kepada suatu perusahaan atau pemerintah. Bentuk pemberian tersebut berupa surat utang jangka panjang. Penerbitannya dengan nilai dan jangka waktu tertentu untuk waktu jatuh temponya.

Surat utang ini, negara atau perusahaan memiliki utang kepada Anda. Di dalamnya menjelaskan jumlah tertentu dan jangka waktu untuk jatuh tempo yang telah mencapai kata sepakat. 

Anda bertindak sebagai investor dengan mendapat keuntungan dari bunga yang dibayarkan negara atau perusahaan di setiap bulannya.

Keuntungan Investasi Obligasi
Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda jadikan pertimbangan, antara lain:

*Memperoleh bunga yang sifatnya periodik. *Bisa Anda peroleh setiap bulan atau setiap 3 atau 6 bulan. Tingkat bunga berdasarkan pada bunga Bank Indonesia.
*Mendapatkan keuntungan dari capital gain atau selisih dari harga jual setelah dikurangi harga pembelian.
*Keuntungan investasi obligasi selanjutnya adalah cocok menjadi tabungan jangka panjang. Umumnya memiliki jatuh tempo pada kisaran 5 tahun ke atas.
*Sifatnya yang aman dan terpercaya.
*Resikonya lebih rendah, lain seperti saham yang pergerakannya fluktuatif.
*Memiliki banyak opsi pilihan dari segi efek utang di pasar sekunder. 

Jenis Obligasi
Setelah mengetahui keuntungannya, Anda bisa menyimak 3 jenis obligasi berikut ini:

Obligasi Pemerintah
Jenis surat utang negara ini penerbitannya oleh pemerintah. Berdasarkan seri fixed rate dan variable rate. Juga bisa bersifat syariah atau Sukuk Negara. Memiliki nama lain Treasury Bond memiliki resiko yang kecil.

Obligasi Korporasi
Surat utang ini dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun oleh BUMN. Penerbitannya dengan seri yang sama. Biasa disebut dengan Corporate Bond.

Obligasi Ritel
Surat utang ini terbit dari pemerintah dan penjualannya kepada individu atau perseorangan. Pemerintah akan menunjuk agen penjual resmi maupun rekanan. 

Mengenali dan memahami keuntungan investasi obligasi akan membantu Anda memilih jenis yang cocok dan akan menjadi pilihan. 

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author