Rugi Bitcoin, 3 Penentu Naik Turunnya Harga Bitcoin

oleh -27 Dilihat
Penentu Naik Turunnya Harga Bitcoin
Penentu Naik Turunnya Harga Bitcoin

MEDIAINVESTASI.ID, – Rugi Bitcoin, 3 Penentu Naik Turunnya Harga Bitcoin. Saat ini Bitcoin sedang mengalami gejolak volatilitas akibat berbagai hal. Rugi bitcoin dialami oleh para investor lama maupun baru.

Banyak yang mengalami rugi Bitcoin di bulan November 2021 ini. Apakah sebenarnya faktor yang menentukan naik dan turunnya harga Bitcoin. Berikut ulasan singkatnya.

Rugi Bitcoin, 3 Penentu Naik Turunnya Harga Bitcoin

Rugi Bitcoin, 3 Penentu Naik Turunnya Harga
Naik turunnya harga crypto dipengaruhi berbagai hal. Rugi Bitcoin, sebagai pionir cryptocurrency, memilik lebih banyak faktor penentu dibanding yang lain. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut.

Suply dan Demand
Hukum suply mempengaruhi harga pasar, sangat terasa di crypto. Supply yang terbatas membuat harga crypto meningkat. Sebaliknya suply yang melimpah membuat harga menurun.

Beberapa tahun ini suply bitcoin menurun. Sisanya diperkirakan tinggal kurang dari 12 persen saja di pasaran. Hal tersebut otomatis memicu kenaikan harga bitcoin.

Setelah kalangan pebisnis melihat praktek penggunaanya yang mudah dan menguntungkan karena cepat dan mudah, maka permintaan pun meningkat.

Kombinasi dari suply rendah dan permintaan yang meningkat, wajar jika harga bitcoin bisa meroket luar biasa.

Ongkos Produksi
Konon, harga Bitcoin sebenarnya sebanding dengan ongkos yang mesti dikeluarkan saat menambahnya. Biaya infrastruktur dan listrik cukup signifikan bagi mereka yang melakukan penambangan. Belum lagi biaya tak terduga selama mengerjakan algoritma yang semakin sulit.

Kompetisi
Sangat banyak produk baru crypto di akhir 2021 ini. Sehingga, walaupun Bitcoin merupakan crypto terpopuler, tapi minat terhadapnya mulai menurun. Hal tersebut karena tersedia pilihan produk crypto lain yang lebih sesuai dan memiliki volatilitas yang lebih rendah dari Bitcoin.

Perkembangan Peraturan
Crypto boleh saja berjaya dengan blockchainnya yang tak bisa diintervensi peraturan perbankan dan negara. Tetapi, kenyataannya Bitcoin terhubung dengan aset dunia nyata yang diatur oleh regulasi tradisional.

Hal tersebut kemudian memicu peraturan yang dibuat untuk melindungi para investor Bitcoin. Walau Bitcoin bergerak di ranah bebas batas negara, tapi justru hal tersebut mengundang hadirnya kriminal.

Masalah kriminalitas di dunia digital membuat investor masih enggan bertaruh besar-besaran untuk crypto. Hasilnya, mengurangi jumlah likuiditas yang beredar dan meningkatkan volatilias di pasaran.

Selain empat faktor di atas yang mempengaruhi harga Bitcoin, ada lagi faktor berita yang turut memberi andil tak sedikit. Pada akhirnya, kemungkinan rugi Bitcoin masih membayangi pasaran Bitcoin karena memiliki banyak faktor pemicu.

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author