Rencana Pendirian Bursa Saham Mata Uang Digital Crypto di Indonesia

by -0 Views
Bagaimana Prediksi Bitcoin, Bursa Saham Mata Uang Digital Crypto
Bursa Saham Mata Uang Digital Crypto

MEDIAINVESTASI.CO.ID, – Rencana Pendirian Bursa Saham Mata Uang Digital Crypto di Indonesia. Bursa saham mata uang digital crypto sedang dirancang pendiriannya. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa bursa fisik tersebut tengah dilakukan. Bursa ini akan segera beroperasi setelah semua syarat yang ditentukan oleh Bappebti dipenuhi oleh penyelenggara bursa.

Bursa Saham Mata Uang Digital Crypto

Adapun syarat pendirian bursa saham mata uang digital crypto sama seperti pendirian bursa mata uang lainnya. Hal ini telah diatur pada PP tentang proses pembentukan bursa PP no 49 Tahun 2014. Syarat-syarat pendiriannya antara lain adalah:

• Bursa saham ini harus didirikan oleh paling sedikit 11 badan usaha yang bergerak dalam bidang cryptocurrency dan berbentuk perseroan terbatas. PT ini paling singkat bergerak dalam bidang kegiatan usaha di bidang komoditi datau keuangan yang layak untuk diperdagangkan.
• Nilai modal yang disetor oleh bursa minimal berjumlah Rp100 miliar.
• Bursa wajib dikelola oleh tenaga ahli dan profesional yang telah diakui keahliannya pada bidang perdagangan berjangka.
• Pengawasan akan dilakukan oleh seluruh anggota bursa yang ada.
• Bursa saham crypto wajib menyerahkan rencana kerja yang meliputi tiga tahun ke depan kepada Bappebti.
• Pengelola bursa saham crypto juga wajib menyerahkan rancangan peraturan dan tata tertib perdagangan yang akan dilakukan.
• Setiap Calon komisaris dan direksi yang bertanggung jawab terhadap bursa saham mata uang digital wajib lulus uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Bappebti.
• Bursa juga wajib menyiapkan sarana dan prasarana fisik, sistem kurs, dan transaksi yang aman serta efisien.
• Lembaga pengawas atau Bappebti akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen yang menjadi persyaratan berdirinya bursa saham tersebut.
• Rancangan kerja tiga tahunan dan aturan yang akan digunakan harus memiliki hasil penilaian baik dari Bappebti.

Ketentuan Perdagangan
Jika seluruh rancangan tersebut sudah disetujui oleh Bappebti. Maka, calon pedagang fisik aset crypto yang sudah terdaftar wajib mengajukan permohonan persetujuan menjadi pedagang fisik. Bursa ini nantinya akan dapat memperdagangkan 229 jenis crypto yang telah mendapatkan izin untuk diperdagangkan.

Rencana pendirian bursa saham mata uang digital crypto tentu menjadi angin segar bagi para investor. Juga dapat menggerakan roda ekonomi melalui transaksi aset digital cryptocurrency.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author