Mengenal Perdagangan Bursa Saham Digital, Penting Bagi Investor Pemula

oleh -2 Dilihat
Saham Dilepas Investor Asing, Perdagangan Bursa Saham Digital, Kode Broker Saham
Perdagangan Bursa Saham Digital

MEDIAINVESTASI.ID, – Mengenal Perdagangan Bursa Saham Digital, Penting Bagi Investor Pemula. Perdagangan bursa saham digital sudah mulai dilirik oleh beberapa kalangan investor sebagai cara baru melakukan trading. Tentu saja hal ini akan menggairahkan dunia transaksi saham, karena akan adanya perubahan cara bertransaksi. Tetapi sebelum melakukannya, ada baiknya mengenal pasar saham apa saja yang ada.

Perdagangan Bursa Saham Digital

Perdagangan bursa saham digital akan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui jual beli saham. Namun, untuk investor pemula, wajib mengetahui karakteristik dan jenis pasar saham yang ada.

Pasar Perdana
Jenis market saham yang pertama adalah pasar perdana. Pasar perdana merupakan tempat penjualan pertama kali ke masyarakat luas surat berharga atau efek. Periode ini adalah saat saham atau efek lain yang dimaksud untuk pertama kalinya ditawarkan kepada semua investor.

Penawaran ini dilakukan oleh pihak penjamin emisi melalui apa yang disebut dengan perantara pedagang efek yang memiliki fungsi sebagai agen penjual saham.

Proses di atas dikenal dengan apa yang disebut sebagai penawaran umum perdana. Harga saham pada penawaran perdana akan tetap. Saham yang diluncurkan pertama kali akan bersifat tetap. Jika investor membutuhkan lebih, maka perdagangan selanjutnya dilakukan pada pasar sekunder.

Pasar Sekunder
Pasar sekunder merupakan tahap kedua dari pasar perdana. Pasar ini merupakan tempat di mana efek yang telah dicatat pada Bursa Efek akan diperjualbelikan. Pada pasar sekunder, investor berkesempatan untuk membeli dan menjual efek yang telah tercatat. Pada pasar ini, transaksi perdagangan tidak terjadi lagi antara investor dengan perusahaan, melainkan dengan sesama investor.

Setelah tercatat pada bursa efek, maka perusahaan yang dimaksud dapat melakukan transaksi dengan bebas kepada masyarakat. Dengan demikian, sistem transaksinya telah diatur menggunakan online trading atau transaksi saham digital dapat dilakukan oleh siapapun yang sudah tercatat.

Harga saham pada pasar ini mengalami pergerakan setiap harinya, sehingga investor harus dapat menerjemahkan grafik transaksi yang ada. fluktuasi ini berdasarkan karakter spesifik pada perusahaan tertentu. Dalam dunia saha, kenaikan dan penurunan harga saham adalah hal biasa terjadi setiap saat.

Untuk investor pemula, sebaiknya mempelajari bagaimana mekanisme perdagangan bursa saham digital agar mendapatkan keuntungan. Bekali diri dengan kemampuan analisis saham yang mumpuni. (Lyala Iswara)

Author