Trading Hari ini, Lebih Aman ke Saham Blue Chips

by -0 Views
Trading Hari ini
Trading Hari ini

MEDIAINVESTASI.ID, – Banyak hal yang memengaruhi trading hari ini, salah satunya kehadiran virus baru. Virus Corona Omicron tidak lagi menjadi momok setelah dipastikan tidak lebih buas dampaknya daripada Delta. Melihat banyaknya isu-isu yang akan berpengaruh pada perdagangan tahun depan, ada baiknya para newbie melirik saham blue chips. Apakah itu saham blue chips? Simak ulasan berikut.

Trading Hari ini, Lebih Aman ke Saham Blue Chips

Trading hari ini masih tersendat walau pasar saham tidak terlalu khawatir dengan virus Omicron, tetapi masih ada tapering The Fed yang menimbulkan spekulasi. Di Indonesia sendiri, rilis data cadangan devisa juga menjadi perhatian sendiri di bursa trading. Dalam ketidakpastian ini, saham blue chips bisa menjadi alternatif aman bagi para newbie yang baru bergabung. Berikut mengenai saham blue chips dan contohnya.

Mengenai Blue Chips

Saham blue chips sangat direkomendasikan bagi investor pemula oleh para pakar investasi dan broker. Oleh karena, saham blue chips, bahkan saat terburuk Covid 19 lalu, hanya mengalami sedikit penurunan dari harga tertinggi saat normal.

Saham blue chips adalah saham perusahaan dengan reputasi terbaik, memimpin di jenis industrinya, memiliki stabilitas dalam keuntungan serta royal membagikan deviden. Untuk investasi jangka panjang membeli saham blue chips adalah langkah tepat. Disebabkan perusahaan ini sudah terbukti mampu melewati masa sulit ekonomi.

Ciri dan Contohnya

Investor pemula bisa mengenali saham blue chips dengan mudah. Oleh karena saham blue chips biasanya mahal dan penggerak utama IHSG juga indeks LQ45. Kemudian saham blue chips juga menjadi leader di jenis industrinya dan biasanya pemain lama. Perusahaan pemilik saham blue chips  telah melantai di bursa saham sejak belasan bahkan puluhan tahun lamanya.

Ciri lainnya lagi, saham blue chips memiliki likuiditas tinggi. Artinya mudah menemukan pembeli barunya. Keuntungan lain saham ini tidak mudah digoreng (dimanipulasi).

Terakhir saham blue chips memiliki kinerja yang baik dan positif. Akibatnya setiap tahun tidak pernah absen dalam membayar deviden ke perusahaan dengan nilai yang stabil atau naik.

Adapun nama-nama yang termasuk saham blue chips adalah saham BBCA, saham BBRI, TLKM(Telkom), BMRI, ASII(Astra), UNVR, ARTO, dll. Trading hari iniharus dimulai dengan optimisme baru. Walau demikian, meletakkan investasi pada tempat-tempat yang aman juga langkah yang bijak.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author