Cara Menjual Karya di NFT Demi Peroleh Koin

by -0 Views
Cara Menjual Karya di NFT Demi Peroleh Koin
Cara Menjual Karya di NFT Demi Peroleh Koin

Media Investasi – NFT sendiri adalah singkatan dari non fungible token. Para generasi X dan generasi Y pun penasaran bagaimana cara menjual karya di NFT demi mendapatkan koin crypto. Perbincangan mengenai hal ini pun terus menyeruak hangat. 

Apa Itu NFT? 

Sejatinya NFT adalah sertifikat kepemilikan atas sebuah karya. Di mana karya tersebut bebas untuk diperjualbelikan secara resmi dan bisa disimpan dalam blockchain atau sistem transaksi digital. Pemasarannya pun dapat beredar luas dengan kreator sebagai pemegang versi asli. 

Sekilas transaksi NFT mirip dengan penjualan mata uang crypto. Perbedaannya terletak pada fungsi yang tidak bisa ditukarkan, tetapi hanya bisa diperjualbelikan. Untuk NFT ini, hampir semua jenis elemen kepemilikan dalam bentuk digital bisa diakui sebagai milik kreator. Baik berupa karya seni, item virtual dalam video game (skin), musik maupun barang koleksi. 

NFT juga memiliki sifat yang unik karena tidak memiliki persamaan dengan NFT lain. Sehingga seringkali disandingkan dengan kata langka dan eksklusif. Bahkan dibutuhkan sertifikat keaslian untuk membuktikannya. 

Cara Menjual Karya di NFT dan Membelinya 

Lalu bagaimana saja cara menjual karya di NFT agar dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya? Berikut adalah tahapan yang bisa Anda jalani untuk menjual karya tersebut. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih blockchain yang dirasa paling tepat. Anda dapat menggunakan blockchain yang berfungsi sebagai penerbit karya. Misalnya Ethereum, Polkadot, Binance Smart Chain atau memilih Tezos.

Proses penjualan dapat berlangsung antar platform yang berbeda. Pemilik karya hanya perlu karya ke pasar lalu mengikuti petunjuk yang diberikan. Sehingga bisa diubah menjadi NFT. Agar lebih detail, saat juga ditambahkan beberapa hal spesifik seperti detail pekerjaan maupun harga yang diinginkan. 

Sedang cara membeli NFT juga tidak rumit. Pembeli hanya perlu menentukan pasar digital yang mana dirasa paling cocok. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan dompet digital serta jenis koin crypto yang akan dipilih. 

Pada umumnya cara menjual karya di NFT maupun cara membelinya sangat sederhana. Hanya dibutuhkan beberapa persiapan sebelum memperjualbelikan aset digital tersebut. Ethereum kerap dipilih sebagai alat tukar NFT. 

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author