Apa Itu Istilah Burning kripto? Berikut Penjelasannya

by -10 Views
Apa Itu Istilah Burning kripto? Berikut Penjelasannya
Apa Itu Istilah Burning kripto? Berikut Penjelasannya

Media Investasi – Apa Itu Istilah Burning kripto? Berikut Penjelasannya. Dalam dunia crypto terdapat istilah burning kripto. Istilah tersebut memiliki arti tentang konsep dimana aset digital koin crypto diambil oleh berbagai koin dan token. Istilah burning bisa disebut juga dengan pembakaran koin, yaitu fitur yang mungkin akan lebih banyak digunakan oleh pengelola aset. 

Pengertian dari burning atau pembakaran crypto mungkin kedengarannya sulit dimengerti. Tapi burning koin tersebut terbukti bisa menjadi suatu alat yang nantinya akan sering dipakai. Bahkan ada beberapa platform sudah melakukan aktivitas tersebut. lebih jelasnya tentang burning crypto, simak penjelasannya berikut ini. 

Pengertian dan Istilah Burning Kripto

Istilah Burning kripto adalah  proses pembakaran koin yang memiliki fungsi untuk menghilangkan koin agar tidak bisa dipakai kembali. Cara kerjanya cukup rumit, karena melibatkan developer yang mengeluarkan aset digital tersebut. 

Adapun cara melakukannya dengan memasukkan signature token ke dalam wallet yang tidak akan bisa diambil lagi. Selanjutnya wallet tersebut bisa dilihat tapi akan dibekukan secara pemesanannya. Kemudian statusnya akan disebarkan di blockchain. 

Ada beberapa cara lain untuk burning koin crypto. Caranya bervariasi, tergantung  tujuan dari burning tersebut. ada beberapa developer yang memakai burning dalam satu kali tahapan untuk menghapus koin tersebut yang sudah tidak terjual di pasaran. 

Tapi, ada juga developer yang menggunakan beberapa tahapan. Dimana prosesnya memakan waktu sekitar 3 bulan. Burning tersebut merupakan bagian komitmen untuk mencapai target yang sudah ditentukan untuk pembakaran. 

Perlu diketahui kalau koin yang sudah melalui proses burning tidak akan bisa dipulihkan seperti sedia kala. Tentu saja koin tersebut sudah tidak bisa dipakai kembali. Kemudian koin-koin tersebut akan dikeluarkan dari pasaran dan dicatat, yang pastinya sudah mendapatkan verifikasi dari blockchain. 

Pemakaian burning sebenarnya bukan untuk pertama kali. Pasalnya, konsep tersebut hampir sama dengan ide pembelian kembali suatu saham perusahaan. Mekanismenya juga hampir sama, yaitu pembelian kembali saham yang beredar yang bertujuan untuk memperkuat perusahaan. 

Itulah pengertian dari istilah burning kripto. Pembakaran koin yang dilakukan oleh developernya agar bisa memperkuat koin tersebut. metode burning memang termasuk paling efektif untuk menstabilkan harga koin crypto da token.

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author