Tren Kripto NFT Naik Daun Diminati Artis dan Pejabat

by -2 Views
Tren Kripto NFT Naik Daun Diminati Artis dan Pejabat
Tren Kripto NFT Naik Daun Diminati Artis dan Pejabat

Media Investasi – NFT diperkirakan akan semakin tren di tahun ini. Hal ini dikarenakan penjualan kripto NFT naik secara global hampir 10 kali lipat pada 2021. 

Ruang maya berbeda dengan dunia nyata, apa saja dapat diduplikasi. Mulai dari aneka gambar, lagu, karya seni, meme, atau konten lain dalam bentuk apapun yang diunggah di internet. Seolah tidak ada batasan di internet antara karya asli dan hasil duplikasi. Oleh karena itu kehadiran NFT dianggap dapat memastikan keaslian sebuah karya digital meski di dunia maya banyak beredar duplikatnya. 

Kripto NFT Naik Daun

Dalam kripto NFT ada sebuah teknologi kripto berupa semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya. Dimana setiap aset-aset NFT ini tercatat dalam blockchain yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya. Enkripsi NFT dengan suatu hal di blockchain, menjadikan hal tersebut tidak dapat direplikasi atau duplikasi.

Akan ada semacam satu kode unik yang akan membuat dapat dilacak siapa pemilik asli karya tersebut. 

NFT Tidak Memiliki Nilai Tukar

Di tengah hebohnya kripto NFT naik, ternyata NFT tidak memiliki nilai jual atau ditukar dengan aset kripto atau NFT lainnya. 

Itu sebabnya aset ini disebut non-fungible atau tidak bisa ditukarkan. Sementara mata uang dollar AS, Ethereum, atau Bitcoin memiliki sifat fungible. NFT bisa disebut sebagai aset digital eksklusif karena nilai yang bervariasi tergantung orang yang menjualnya.

Artis dan Pejabat Ikut Tren NFT

Tren NFT ini juga diikuti oleh sejumlah artis hingga pejabat. Sebut saja Luna Maya. Syahrini, bahkan Denny JA, pendiri Lembaga Lingkaran Survei Indonesia, ikut juga. Denny JA dikabarkan menjual sebuah lukisan dalam bentuk NFT pada April lalu dengan harga sekitar 1 milyar.

Sementara itu dari pejabat tercatat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga ikut membuat akun NFT di Opensea. Tak heran jika banyak prediksi yang meyakini kripto NFT naik lagi tahun ini dan akan semakin jadi tren investasi. 

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author