,

Zipmex Token Meroket, 3 Tips investasi Aman Crypto

by -0 Views
Zipmex Token Meroket
Zipmex Token Meroket

Media Investasi – Setelah melalui rebound di bulan November, Zipmex Token meroket bahkan sempat mencapai all time high-nya di angka Rp86.666. Kenaikan tersebut ditenggarai makin banyaknya minat investor terhadap aset crypto.

Bagaimana melakukan investasi aman di crypto tanpa dihantui ketakutan akan keamanannya dan volatilitasnya? Berikut ulasannya.

Zipmex Token Meroket, 3 Tips Investasi Aman Crypto

Zipmex Token meroket di momen pergantian akhir tahun, membuat pasar crypto lokal lebih bergairah. 

Berikut bagaimana berinvestasi crypto dengan aman tanpa khawatir dengan volatilitas, kejahatan internet, serta penipuan crypto yang makin meningkat.

Investasi uang dingin

Banyak pakar crypto menyatakan, jika volatilitas adalah ciri khas crypto yang tidak akan hilang. Sehingga jika sekiranya investor baru akan merasa tertekan dengan volatilitas crypto, berarti crypto memang bukan untuk mereka.

Dilansir Time, investasikan hanya 5 persen dari portofolio anda ke dalam crypto dan pastikan itu adalah uang dingin. Uang dingin adalah uang yang tidak akan berpengaruh pada masa depan dan asuransi kesehatan. Pastikan juga sudah melunasi hutang-hutang terbesar.

Menghindari kriminalitas crypto

Selain volatilitas, hal yang mengkhawatirkan dari crypto adalah hacking dan penipuan. Sepanjang tahun 2020-2021 terjadi peningkatan penipuan yang mengatas namakan crypto. Biasanya penipuan tersebut berbungkus ajakan untuk meningkatkan investasi atau membuat uang dengan trik crypto tertentu.

Time menyarankan, abaikan ajakan, yang bukan berdasarkan permintaan pribadi, dalam hal crypto. Lakukan semua riset sendiri dan gunakan exchange bereputasi baik untuk melakukan transaksi.

Selain itu ada juga kejahatan yang mengatasnamakan Initial Coin Offering. Begitu banyaknya Coin dan token baru di dunia crypto, membuat event ICO mudah disalahgunakan. Itulah mengapa untuk para pemula, ahli menyarankan untuk berinvestasi pada Coin yang sudah populer seperti Bitcoin dan Ethereum.

Ada lagi skema ‘pump and dump’ yang sering dilakukan untuk meningkatkan harga aset crypto tertentu. Strategi ini bertujuan agar harga naik lalu pemilik mayoritas bisa menjual sebanyak-banyaknya agar mendapat keuntungan besar. Cara mengatasinya, hindarilah aset yang sering mengalami kenaikan tanpa alasan yang jelas.

Menjaga Bitcoin aman

Hacker bisa menyusup dan mencuri Bitcoin anda tanpa disadari. Berbagai cara sudah dilakukan dan disiapkan untuk mengamankan aset crypto.

Ada fasilitas Hot walet, yang cukup aman, tapi masih bisa di-hack karena tersedia online. Ada pula cold storage, yang berbentuk menyerupai flashdisk dan tersedia offline. Kekurangannya terletak pada password yang bisa menyebabkan hilangnya aset crypto.

Bisa juga disimpan di lembaga yang menyediakan proteksi keamanan tingkat tinggi ditambah dengan asuransi yang menjaminnya.

Zipmex token meroket membuat gairah crypto meningkat di awal tahun ini. Namun keamanan aset Anda merupakan hal yang utama sebelum memikirkan untuk berinvestasi di cryptocurrency.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author