Gagal Tarik Kripto di Coinsuper, Bagaimana Kronologi Kejadiannya?

by -0 Views
download

MediaInvestasi – Pemilik aset crypto tidak bisa menarik asetnya di bursa cryptocurrency. Gagal tarik kripto di Coinsuper berbasis di Hongkong tidak bisa lagi melakukan penarikan sejak bulan November tahun lalu. 5 orang pelanggan telah mengajukan laporannya ke kantor polisi.

Kronologi Gagal Tarik Kripto di Coinsuper

Kronologi Gagal Tarik Kripto di Coinsuper

Gabungan token serta dana yang tidak bisa ditarik mencapai sekitar Rp786,71 juta. Coinsuper sendiri merupakan perusahaan aset kripto satu-satunya di China. Pendirinya adalah mantan eksekutif dari grup AG pada tahun 2017.

Kehebohan ini dapat memicu seruan untuk memperketat pengawasan peraturan yang lebih luas dan merata di Hongkong. Sehingga muncul usulan untuk melakukan lisensi kepada semua platform perdagangan aset crypto. 

Kronologinya dimulai pada saat administrator dari grup Telegram tidak menanggapi pertanyaan mengenai penarikan yang mengalami kegagalan. Kemudian muncul kembali pada minggu lalu, pelanggan diminta untuk memberikan alamat email. 

Namun, pada saat itu tidak ada tindak lanjut mengenai gagal tarik kripto Coinsuper. Bahkan beberapa orang sudah memberikan rincian dari dana mereka yang tidak bisa ditarik.

Platform ini cukup besar di Hongkong. Salah satu penggunanya mencoba menarik sekitar Rp57,24 juta dari bursa di awal Desember. Tanpa menyadari bahwa perdagangan tersebut kekurangan likuiditas.

Padahal sebelumnya, platform ini mampu memproses volume transaksi sekitar USD 17,4 juta dalam 24 jam. Namun jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar USD 1,3 miliar. 

Indikasi Penyebab Gagalnya Penarikan 

Pendiri platform ini bernama Zhang Zhenxin pada tahun 2017. Telah meninggal pada tahun 2019. Selain itu, Karen Chen sebagai CEO telah meninggalkan perusahaan ini karena alasan pribadi pada Juli 2019. 

Setelah adanya salah satu pemodal ventura membatalkan investasinya sebesar USD 1 juta. Terdapat polemik dari perusahaan pemodal ventura yang kehilangan komunikasi dengan tim manajer platform ini. Beberapa pekerja juga telah  meninggalkan perusahaan ini sejak bulan Juli sampai dengan Desember. 

Pengumuman besar terjadi pada September tahun lalu, bahwa Coinsuper telah menambah token Solana dan Stablecoin pada bursa. Setelah itu terjadi gagal tarik kripto di Coinsuper. Sejak tanggal 1 Desember akun media sosial juga sudah tidak aktif.

Author