Ingin Bermain Crypto? Kenali Dulu Digital Currency Artinya Apa!

by -0 Views
DefinisiKripto 1024x768 1

MediaInvestasi – Digital currency artinya adalah mata uang digital. Kepopuleran crypto semakin meningkat. Oleh karenanya Bank indonesia kini tengah menggodok  pembuatan mata uang digital Central Bank Digital Currency. yang akan disebut sebagai digital rupiah.

Digital Currency Artinya Apa?

Ingin Bermain Crypto? Kenali Dulu Digital Currency Artinya Apa!

Digital currency artinya mata uang rupiah berbasis kriptografi yang nantinya akan dikenal dengan penyebutan digital rupiah. Mata uang ini akan bersifat desentralisasi dan tidak membutuhkan bank sentral dalam lalu lintasnya transaksinya melainkan secara langsung.

Contoh mata uang crypto adalah Bitcoin, Litecoin, Peercoin. Namun, semuanya tidak diakui sebagai mata yang yang sah di banyak negara, termasuk di Indonesia. Oleh karenanya tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun.

Oleh karenanya, Bank Indonesia dalam CBDC membuat digital rupiah yang akan dirumuskan sama dengan mata uang kripto. 

Beda Digital Rupiah Dengan Cryptocurrency.

Digital rupiah memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan cryptocurrency. Jika mata uang crypto tidak dikendalikan oleh bank sentral, maka berbeda dengan digital rupiah. Karena dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

CBDC nantinya akan menjadi uang digital yang penerbitan dan pengontrolannya tetap dilakukan oleh Bank Central Indonesia, BI. Oleh karenanya mata uang ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran sah menggantikan uang kartal yang sudah beredar di masyarakat.

Pasalnya, cryptocurrency rentan terhadap penipuan dan tidak dapat tercatat pada sistem keuangan. Dengan demikian, penggunaan  mata uang crypto akan merugikan negara dalam hal setoran pajak.

Harga mata uang crypto pun dikendalikan oleh pasar sehingga mengalami fluktuatif. pergerakan didasari pada sistem penawaran dan permintaan, serta keberadaan mata uang kripto yang dapat dipertukarkan dengan aset digital 

Sementara itu digital rupiah adalah uang digital yang akan dikendalikan oleh Bank Sentral, atau BI. Dapat digunakan sebagai alat transaksi yang sah , dan merupakan kewajiban bank sentral kepada setiap orang yang memegangnya, 

Karena memiliki ciri-ciri seperti itulah, maka digital rupiah memenuhi persyaratan definisi selaku instrumen keuangan dan dapat dicatat sebagai bagian dari kas.

Digital currency adalah mata uang digital yang nantinya akan memiliki rumusan seperti cryptocurrency. Bedanya, dapat digunakan sebagai pengganti uang fiat. Sebaiknya, masyarakat bersiap menunggu era baru ini.

Baca juga: 3 Koin Cryptocurrency Paling Murah Ekonomis Untuk Pemula

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author