Aset Kripto Lokal: Akankah Mampu Bersaing di 2022?

by -0 Views
Investasi Cryptocurrency

MediaInvestasi – Aset kripto lokal belakangan ini mulai bermunculan di tanah air. Para pengamat pun menyambut baik perkembangan ini. Menurut mereka, fenomena tersebut berarti Indonesia sudah makin terbuka terhadap peluang investasi mata uang kripto. 

Meski begitu, Oscar Darmawan selaku CEO Indodax berpendapat kemungkinan tidak semua aset kripto lokal akan mampu bertahan. Pasalnya, aset kripto itu akan harus terlibat persaingan dengan kripto lainnya, baik di pasar lokal maupun global.

Kriteria Pendukung Suksesnya Aset Kripto Lokal 

Aset Kripto Lokal: Akankah Mampu Bersaing di 2022?

Kreatifitas para creator dalam menciptakan token kripto lokal memang perlu mendapat apresiasi. Meski begitu, mereka sebaiknya juga mempertimbangkan berbagai aspek terkait penciptaan token tersebut agar nantinya dapat sukses. 

Menurut Oscar Darmawan, beberapa kriteria yang mempengaruhi kemampuan suatu aset kripto untuk bertahan dan sukses antara lain: 

Mempunyai utilitas atau fungsi yang jelas 

Faktor utilitas atau kegunaan dari suatu token kripto disebut oleh sang CEO Indodax sebagai aspek utama yang mendukung keunggulannya. Aset yang memiliki ciri khas di samping fungsinya yang lengkap umumnya akan menarik minat banyak orang. 

Mampu merangkul pengguna dalam jumlah banyak

Hal ini tentunya tak perlu dipertanyakan lagi. Semakin banyak orang yang berminat menjadi investor atau pengguna kripto itu, niscaya akan makin sukses dan langgeng pula keberadaannya. 

Mampu membangun komunitas pengguna yang solid

Loyalitas hampir selalu merupakan poin penentu kesuksesan dari berbagai hal. Keberadaan komunitas yang solid ini akan menjamin tetap adanya investor meski mungkin banyak jenis kripto lain yang akan terus bermunculan. 

Angka volume transaksi yang cukup besar

Dengan adanya jumlah pengguna yang banyak, maka angka transaksi suatu aset kripto pun akan makin meningkat. Hal ini berpengaruh pada perolehan keuntungan investasi yang diperoleh oleh kripto tersebut. 

Mendapat dukungan dari ekosistem yang memadai

Faktor lingkungan yang meliputi respon pemerintah juga merupakan salah satu poin yang punya pengaruh signifikan terhadap perkembangan suatu aset kripto. 

Bagi para calon investor aset kripto lokal, Oscar menyarankan agar jeli mencari informasi supaya tidak sampai salah langkah. Menurutnya, pembangunan bursa kripto di tanah air nantinya dapat juga berfungsi untuk melindungi para investor. 

Baca juga: Cara Amankan Dompet Kripto, 2 Langkah Ini Bisa Membantumu

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author