Cara Amankan Dompet Kripto, 2 Langkah Ini Bisa Membantumu

by -0 Views
Investasi Crypto Jangka Panjang Berikut Rekomendasi Penjelasannya

MediaInevstasi – Mencegah lebih baik daripada terlanjur dicuri, itulah yang harus dilakukan setiap investor cryptocurrency. Mereka berusaha mencari cara amankan dompet kripto dari hacker yang berusaha membobol tempat penyimpanan crypto dan NFT. 

Biasanya ketika membuat wallet crypto dan NFT akan diberi private key atau kunci pribadi. Kunci tersebut berupa rangkaian kata-kata yang berjumlah 12 kata. 

Dari rangkaian kata-kata inilah yang membuat hacker bisa membobol dompet crypto tersebut. Lalu bagaimana caranya mengamankan dompet crypto? Ukuti ulasannya berikut ini. 

Cara Amankan Dompet Kripto

Cara Amankan Dompet Kripto, 2 Langkah Ini Bisa Membantumu

Pemberian private key bukan jaminan bisa melindungi dompet crypto dari serangan hacker. Karena siapa saja dan kapan saja para hacker tersebut bisa memindahkan dana. Oleh karena itu sangat penting untuk mengamankan private key. Begini cara amankan dompet kripto. 

Memahami dompet cryptocurrency

Sangat penting untuk memahami dompet cryptocurrency. Ada dua macam dompet crypto, yaitu custodial wallet dan non custodial wallet. Fungsi dari dompet crypto hampir sama dengan dompet biasanya, yaitu menyimpan mata uang digital. 

Jika memakai non custodial wallet, maka pemiliknya bertanggung jawab penuh untuk mengingat private key sekaligus memastikan sendiri langkah-langkah untuk menggunakannya. Jika pemilik lupa dengan kata kuncinya, maka otomatis tidak bisa mengakses mata uang cryptonya lagi. 

Adapun custodial wallet memakai pihak ketiga untuk mengendalikan kata kuncinya. Misalnya saja bursa crypto yang bernama coinbase, Kraken, dan lain sebagainya. jika membeli crypto melalui sebuah platform, biasanya mereka akan mendapatkan IOU. Sedangkan pihak platform akan mempunyai kunci pribadi tersendiri dan menyimpannya di dompet mereka. 

Cara melindungi dompet cryptocurrency 

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mewaspadai modus penipuan lewat penukaran kartu SIM ponsel. Tidak sedikit para hacker yang menghubungi pihak perusahaan kartu telepon ilik cryptocurrency untuk menyakinkan agar mentransfer nomor telepon pemilik ke SIM mereka. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memakai SMS untuk memastikan keamanan crypto

Itulah dua cara amankan dompet kripto dari para hacker. Bisa juga menggunakan Yubikey, yang merupakan kunci untuk perangkat keras USB yang bisa dicolokkan pada perangkat. Perlu diingat oleh semua dompet crypto, jangan menggunakan kata sandi yang sama di seluruh akun yang dimilikinya. 

Baca juga: Perdagangan Kripto di Indonesia Tembus Triliunan Rupiah!

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author