Investasi Saham dan Kripto, Simak Perbedaannya

by -0 Views
Investasi Saham dan Kripto

MediaInvestasi – Daya tarik masyarakat mengalami perkembangan, investasi saham dan kripto saat ini mulai menjadi incaran. Terutama aset kripto yang bisa memberikan keuntungan lebih besar mulai mendapat perhatian. Hal tersebut ditandai dengan kenaikan jumlah pemegang aset yang semakin banyak.

Perbedaan Investasi Saham dan Kripto

Perbedaan Investasi Saham dan Kripto

Pada dasarnya, ada perbedaan dari saham dan kripto sebagai investasi jangka panjang, antara lain:

Waktu Perdagangan

Untuk saham trading biasanya bisa Anda lakukan saat hari kerja, yaitu hari senin sampai jumat. Dari segi waktu juga terbagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. Sedangkan untuk sesi kedua mulai pada pukul 13.30 sampai dengan 14.50 WIB.

Berbeda dengan aset kripto yang terbuka selama 24 jam dalam 7 hari. Sehingga Anda bisa dengan bebas melakukan trading kripto.

Platform Trading

Perbedaan untuk Investasi saham kripto selanjutnya adalah platform. Untuk saham bisa memilih menjadi nasabah pada sekuritas. Sedangkan untuk kripto melakukan transaksi lewat exchange. Selain itu, Anda bisa menyimpan ase di aplikasi wallet khusus untuk kripto.

Fee Transaksi

Untuk fee transaksi saham besarannya sekitar 0,3 persen setiap transaksinya. Jumlah fee akan berbeda di setiap sekuritas. Jika kripto, Ada berbagai skema sesuai dengan pilihan pada exchange.

Volatilitas

Pembeda terbesar dari kedua jenis investasi ini adalah volatilitas. Saham memiliki mekanisme untuk membatasi volatilitas pasar. Misalnya saja jika pasar tidak bisa terkendali, Anda bisa melakukan penghentian sementara perdagangan.

Sedangkan untuk aset kripto tidak memiliki pengendalian volatilitas. Sehingga harga bergerak sesuai dengan supply and demand. Hal tersebut yang menyebabkan harga aset naik dan turun. 

Fundamental

Sebagian orang berpendapat bahwa aset kripto tidak memiliki fundamental. Padahal Anda bisa melihatnya dari whitepaper. Isi dari white paper adalah peta jalan untuk pengembangan project. Sehingga para trader bisa melakukan analisa.

Setelah mengenal perbedaan antara investasi saham dan kripto, Anda bisa memilih mana yang cocok sesuai kebutuhan. Sehingga bisa mempersiapkan strategi selanjutnya untuk berinvestasi.

Baca juga: Champ Resto Indonesia IPO, Apa Rencana Setelahnya?

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author