Bankman-Fried Desak Regulator AS Terkait Peraturan Aset Digital dalam Kerangka Kerja Kripto Terpadu

by
Kerangka kerja kripto terpadu

MediaInvestasi – Pendiri sekaligus CEO pertukaran mata uang kripto FTX, Sam Bankman-Fried meminta pengaturan untuk membuat kerangka kerja kripto terpadu untuk aset digital dalam sebuah forum Asian Financial. Agenda tersebut dilangsungkan di Hongkong.

Pentingnya Kerangka Kerja Kripto Terpadu Atasi Penipuan

Pentingnya Kerangka Kerja Kripto Terpadu Atasi Penipuan

Forum tersebut diadakan oleh pihak pemerintah Hongkong untuk meninjau kesempatan baru dalam pandangan ekonomi kawasan. Bankman-Fried mengungkapkan bahwa regulator harus terpusat pada peraturan dan pembuatan buku mengenai aturan mengenai kripto, alih-alih untuk berfokus pada penentuan aset apakah sebuah sekuritas atau bukan.

Dia merekam terkait kerangka kerja kripto terpadu lebih berfokus kepada pengungkapan sekaligus pencegahan kemungkinan adanya penipuan lebih penting dibandingkan memberikan label sebuah aset sebagai sekuritas.

Sedangkan, CEO FTX tidak memberikan rincian mengenai badan pengatur yang diinginkan. Perlu diketahui, banyak regulator di berbagai dunia terpusat pada penggolongan token sebagai pengaman. Namun, dia yakin hal tersebut tidak dapat melindungi investor.

Tidak hanya itu, seorang miliarder kripto meninjau terkait kerangka aturan untuk kelas aset yang lain. Hal tersebut harus sama diterapkan pada aset digital.

Desakan Regulasi Peraturan Terkait Aset Digital

Bankman-Fried bukan pertama kali ikut masuk dalam regulator. Sebelumnya pada Desember 2021, Bankman-Fried bersama dengan pihak eksekutif dari perusahaan kripto terkenal dipanggil untuk turut hadir dalam sebuah sidang komite.

Mereka juga ikut mendesak pihak regulator AS untuk memberikan penjelasan mengenai peraturan mengenai aset digital.Bankman-Fried dalam sebuah kongres juga menyampaikan mengenai proposal terkait terdiri atas 10 poin. 

Hal itu dilakukan dimaksudkan untuk membantu pihak regulator AS membangun kerangka aturan yang fokus pada kripto.

Prinsip Terkait Aturan Kebijakan Aset Digital Secara Total

Pihak FTX, merilis sebuah deretan daftar prinsip sekaligus proposal untuk membantu para pembuat kebijakan dalam membangun kerangka aturan. 

Kebijakan ini direkomendasikan sebagai pilihan secara terstruktur oleh beberapa bursa kripto terkemuka. Selain itu, memberikan saran mengenai penerapan secara menyeluruh pada yurisdiksi.

Salah satu rekomendasi terkait pendekatan aturan alternatif yang mengusulkan pihak rezim kebijakan terpadu untuk pasar spot dan derivatif. Kerangka kerja kripto terpadu mengenai label regulasi pada sebuah produk maupun pasar jenis tertentu tidak perlu diubah sesuai tujuan inti regulasi. Aturan yang sama juga harus berlaku di berbagai sektor pasar.

Baca juga: Investasi Saham dan Kripto, Simak Perbedaannya. Jangan Salah Pilih!