Mengenal Growth Stock: Cocokkah Untuk Portofolio Investasi 2022?

by -9 Views
Mengenal Growth Stock: Cocokkah Untuk Portofolio Investasi 2022?
Mengenal Growth Stock: Cocokkah Untuk Portofolio Investasi 2022?

MediaInvestasi – Mengenal Growth Stock serta istilah-istilah saham lainnya tentu amat penting bagi Anda yang kebetulan hendak terjun ke dunia investasi saham. Pengetahuan itu akan berguna sebagai acuan untuk Anda dalam mengambil keputusan investasi. 

Meski dunia investasi tersebut memang mengandung unsur spekulasi, Anda dapat meminimalkannya dengan jeli menganalisa informasi. Mengenal Growth Stock akan membuat Anda lebih paham dan siap menghadapi potensi serta resikonya. 

Mengenal Growth Stock 

Growth Stock adalah saham dari berbagai perusahaan yang diperkirakan akan dapat mengalami pertumbuhan secara signifikan hingga melampaui angka pasar rata-rata. 

Perusahaan yang sahamnya bisa termasuk dalam golongan ini umumnya memiliki produk maupun layanan yang unik serta inovatif. Selain itu, perusahaan biasanya juga punya teknologi yang mendukung untuk perkembangan jangka panjangnya.  

Beberapa karakteristik dari Growth Stock antara lain: 

Umumnya tidak melakukan pembagian dividen dalam jumlah besar

Hal ini karena sebagian besar dividen itu akan diinvestasikan kembali oleh emiten (pihak yang menerbitkan saham) guna mempercepat laju pertumbuhannya. Sebagai gantinya, investor bisa memperoleh keuntungan lebih besar dari capital gain. 

Harga saham relatif cukup premium

Modal yang Anda perlukan untuk membeli Growth Stock umumnya relatif besar karena harga belinya cukup tinggi. Namun, hal ini sebanding dengan harga jual kembalinya yang juga tinggi sehingga menjanjikan capital gain yang cukup besar. 

Trend pergerakan harga saham cenderung meningkat (uptrend)

Hal ini selaras dengan kondisi perubahan yang terus mengalami perkembangan. Dengan kondisi yang demikian, Anda boleh cukup optimis bahwa laba perusahaan itu juga terus meningkat. 

Lebih lanjut, umumnya Anda juga perlu mempertimbangkan Price Earning to Growth (PEG) dalam menilai Growth Stock yang hendak Anda pilih. Konon, rumus perhitungan PEG ini adalah dengan membagi besar PER dengan EPS. 

PER atau Price Earning Ratio adalah perbandingan harga saham dengan jumlah labanya. Sementara itu, EPS yang merupakan singkatan dari Earning Per Share berarti laba dari per lembar saham. 

Dengan mengenal Growth Stock berikut segala kelebihan dan kekurangannya, niscaya Anda dapat mempertimbangkan pemilihan kelompok saham ini sebagai portofolio investasi. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Kripto Lokal Jangan Asal Investasi Saja

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author