Saham Adaro Mineral Dihentikan, Naiknya Sungguh Signifikan

by -0 Views
saham adaro mineral dihentikan

MediaInvestasi – Saham Adaro Mineral dihentikan sementara oleh pihak Bursa Efek Indonesia atau BEI. Penghentian tersebut bersifat sementara karena suatu alasan. Dalam beberapa hari terakhir harga saham PT Adaro Minerals Indonesia TBK mengalami kenaikan yang signifikan. Adapun peraturan penghentian sementara tersebut sudah dilakukan ketika perdagangan hari pertama. 

Alasan Saham Adaro Mineral Naik Secara Signifikan

Alasan Saham Adaro Mineral Naik Secara Signifikan

Bursa Efek Indonesia melakukan penghentian sementara pada saham PT Adaro Minerals Indonesia tbk (ADMR) dengan melakukan cooling down. Sementara itu ADMR sudah masuk dalam radar Unusual Market Activity (UMA). 

Pada tanggal 12 Januari 2022, BEI mengeluarkan pengumuman terkait dengan saham Adaro Mineral dihentikan. Pihak BEI perlu melakukan tindakan cooling down sehingga perdagangan saham PT Adaro Minerals Indonesia dihentikan untuk sementara sejak tanggal 13 Januari 2022. 

Melihat pasar saham pertambangan metalurgi milik Garibaldi Thohir tersebut selalu naik dengan signifikan. Bahkan sejak perdananya tanggal 3 Januari 2022 selalu berada pada zona hijau. Yang awalnya harganya Rp100 lalu naik sampai 635 persen menjadi level Rp735. 

Penghentian sementara oleh pihak BEI terhadap ADMR dilakukan dengan tujuan memberikan waktu kepada setiap pelaku pasar untuk mempertimbangkan keputusannya membeli saham di emiten ADMR. Pengumuman tersebut dilakukan di pasar regular dan pasar tunai. 

Pada pemberitaan sebelumnya, anak cabang dari Adaro Energy telah mengeluarkan sekitar 6.048.580.000 saham baru. Saham tersebut ditawarkan melalui penawaran umum perdana (IPO). Jumlah saham baru tersebut senilai dengan 15 persen dari total modal yang akan ditempatkan dan disetor pada perseroan secara penuh. 

Pada awalnya, perseroan menetapkan harga saham sebesar Rp100, sehingga nanti pihak perseroan akan mendapatkan dana segar sebesar 604,86 miliar. Tapi, ketika menjalankan usaha pertambangan dan perdagangan batubara, masing-masing anak perusahaan yang jumlahnya 5 memiliki konsesi tambang di lokasi Kalimantan Tengah dan Timur. 

Lalu tanggal 31 Agustus 2021, keseluruhan konsesi mempunyai sumber daya sebesar 980 juta tom dengan cadangan sebesar 170 juta ton batubara yang memiliki kualitas tinggi. Kemungkinan besar inilah yang membuat investor ingin membeli saham Adaro Mineral karena keuntungannya sudah di depan mata. 

Itulah alasan saham Adaro Mineral dihentikan oleh pihak BEI dengan tujuan cooling down dan memberikan para investor memikirkan sebaik-baiknya sebelum memutuskan untuk membeli saham Adaro Mineral. 

Baca juga: Apa Itu Swing Trading dan Bagaimana Tips yang Menguntungkan?

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author