Perbedaan Crypto dan NFT, Jangan Sampai Keliru!

by -3 Views
Perbedaan Crypto dan NFT

MediaInvestasi – Kesuksesan Ghozali raih cuan dari non fungible token masih jadi perbincangan. Namun, perbedaan crypto dan NFT masih belum banyak orang yang memahaminya.

Perbedaan Crypto dan NFT

Perbedaan Crypto dan NFT, Jangan Sampai Keliru!

Non fungible token merupakan aset digital berupa karya seni dan barang koleksi lainnya. Juga memiliki fungsi untuk membeli barang secara virtual. Namun, terlebih dahulu harus aset digital harus melalui verifikasi melalui blockchain. 

Pasar non fungible sendiri hanya menerima crypto sebagai pembayaran. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk membeli produk dalam bentuk NFT harus memiliki akun platform dan aset crypto.

Sedangkan aset crypto bisa diperdagangkan antara satu dengan yang lain. Selain itu juga memiliki nilai yang sama, misalnya nilai 1 Bitcoin akan sama dengan nilai Bitcoin lainnya.

Memahami non fungible token sebagai sertifikat digital. Masing-masing memiliki tanda tangan atau token unik yang memuat aset digital. Sehingga aset pada non fungible ini tidak bisa ditukarkan. Tidak ada dua NFT yang identik baik pada platform maupun game. 

Bisa disimpulkan bahwa perbedaan crypto dan NFT yang mendasar adalah pada tanda tangan digital yang tidak ada pada crypto. Selain itu, pada crypto memiliki nilai yang sama sedangkan pada NFT memiliki nilai yang tidak sama.

Sebelum melakukan proses jual beli, maka untuk pemilik non fungible token harus memiliki Ethereum pada bursa. 

NFT Pada Blockchain

Ada pasar untuk membeli non fungible token, seperti OpenSea. Pasar akan terdesentralisasi karena menggunakan sistem blockchain. Sehingga orang bisa membeli non fungible token secara langsung menggunakan aset crypto yang sudah ada pada wallet crypto.

Pencipta karya dalam NFT bisa memilih kemudian menentukan jumlah tertentu untuk tampilan publik. Setelah itu, pencipta karya bisa menerima hasilnya melalui penjualan kepada pembeli pertama.

Selain itu, juga masih bisa menerima bagian dari royalti ketika ada penjualan lagi kepada pembeli kedua maupun ketiga. Untuk pembagian royalti akan bervariasi tergantung dari platform masing-masing.

Perbedaan crypto dan NFT jelas akan memiliki mekanisme yang berbeda. Jika sudah memahami maka akan lebih untuk mendapatkan keuntungan dari keduanya.

Baca juga: NFT Global Lirik Indonesia, Ghozali Jadi Pintu Edukasi Blockchain

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author