Kenapa Kripto Turun Hingga 15 Persen? Begini Ulasannya

by -0 Views
Kenapa Kripto Turun

Media Investasi – Hari ini terdengar kabar kurang menyenangkan dari dunia crypto berupa harganya yang terus menurun. Kenapa kripto turun, pertanyaan ini pun muncul di benak para investor. Terlebih lagi ketika USD 150 miliar hilang begitu saja di pasar. 

Kejadian ini pun membuat resah sebagian besar para investor. Terutama para pemain besar yang telah banyak menanamkan modal mereka pada aset digital tersebut. Jika harga crypto terus merosot tajam, kerugian yang mereka tanggung pun semakin besar. 

Saham Menjadi Penyebab Kenapa Kripto Turun

Kenapa Kripto Turun

Alasan kenapa kripto turun rupanya lantaran pasar crypto mengikuti tren pasar saham Amerika Serikat. Seiring dengan kerugian Nasdaq Composite yang mengalami penurunan 7,6 persen, juga S&P yang turun sebesar 5,7 persen. Bitcoin pun ikut merosot sampai 15 persen pada Jumat malam kemarin. 

Sebelumnya harga Bitcoin mencapai USD 43.000 atau setara dengan Rp 617 juta per keping. Namun hari ini harganya hanya berkisar di angka USD 38.287 atau sekitar Rp 549,5 juta. Ini merupakan nilai terendah Bitcoin di awal tahun. 

Ethereum pun mengalami penurunan selama 3 minggu berturut-turut. Harga koin nomor 2 setelah Bitcoin ini merosot sebesar 20 persen. Harga perdagangannya pun menjadi USD 2.500 untuk per koin. 

Bukan hanya Bitcoin dan Ethereum yang anjlok. Koin lain seperti Binance Coin maupun Dogecoin juga mengalami hal serupa. Penurunan yang terjadi berkisar 7-10 persen untuk setiap koin digital tersebut. 

Rusia Melarang Bitcoin 

Kenapa Kripto Turun

Santer terdengar kabar bahwa Bank Sentral Rusia telah mengusulkan larangan penambangan Bitcoin. Hal ini dilansir dari Bloomberg, yang juga menyatakan Cina pun mengeluarkan kebijakan serupa. Segala kegiatan penambangan serta transaksi crypto pun dilarang keras di Cina. Keberadaan Bitcoin, Ethereum dan lainnya pun diberangus tuntas. 

Negara itu juga memberlakukan hukuman berupa kenaikan harga listrik. Setiap perusahaan negara yang ketahuan menggunakan listrik bersubsidi milik negara untuk menambang crypto akan menanggung biaya listrik yang tinggi. 

Kebijakan yang muncul dari 2 negara ini pun menjadi alasan kenapa kripto turun. Adanya sentimen negatif dari berbagai investor global juga memiliki peran akan anjloknya harga koin crypto. 

Baca juga: Aplikasi Trading Saham, Ada 7 Dijamin Aman!

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author