Uang Kripto Artinya, Simak Cara Kerja dan Jenisnya!

by -0 Views
Uang Kripto Artinya

MediaInvestasi – Ada banyak jenis uang kripto artinya mata uang ini sedang populer. Menarik peminat di seluruh dunia karena memiliki potensi keuntungan dengan memilikinya. Selain itu, mata uang ini telah menjadi alternatif pilihan sebagai investasi.

Uang Kripto Artinya dan Cara Kerjanya

Uang Kripto Artinya, Simak Cara Kerja dan Jenisnya!

Sering disebut sebagai cryptocurrency berasal dari dua kata yang mengandung arti mata uang virtual yang terlindungi dengan kode rahasia. 

Pengertian Uang kripto

Secara sederhana bisa memaknainya sebagai mata uang yang memiliki sandi rahasia yang rumit. Fungsinya untuk menjaga keamanan mata uang tersebut. Pada mata uang ini menggunakan kriptografi.

Sebenarnya metode ini sudah ada sejak zaman Perang Dunia II. Penggunaan kriptografi ini membuang uang digital tidak bisa dimanipulasi. Oleh karena itu, mata uang ini tidak bisa dipalsukan.

Sedangkan untuk pencatatannya bersifat terpusat menggunakan sistem bernama blockchain.

Cara Kerjanya

Ada 3 hal yang melekat pada uang kripto artinya yang mempengaruhi cara kerjanya. Bekerja secara digital menggunakan blockchain. Serta terenkripsi dan terdesentralisasi.

Sehingga memiliki cara kerja yang berbeda dengan uang konvensional. Jika mata uang konvensional mendapatkan kontrol dari otoritas sentral. Sedangkan kripto tidak memiliki kontrol dari otoritas sentral. Mata uang kripto mendapatkan kontrol sepenuhnya dari penggunanya. 

Jenis Uang Kripto

Anda yang ingin melakukan perdagangan aset kripto bisa memilih setidaknya ada 10.000 jenis saat ini. Di Indonesia sendiri ada 229 aset yang telah terdaftar di Bappebti. Berikut beberapa jenis kripto yang berada di daftar teratas dengan kapitalisasi besar, antara lain:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Binance Coin
  • Cardano
  • Dogecoin
  • Litecoin

Berada di urutan pertama, Bitcoin telah mencapai valuasi pasar sebesar 671,78 miliar. Jumlah tersebut akan terus bertambah, mengingat peminat semakin banyak. Akibatnya jumlahnya yang semakin sedikit membuat harganya melambung.

Pada urutan kedua ada Ethereum yang pada awalnya sebagai software berbasis blockchain. Asetnya sering disebut sebagai Ether juga memiliki nilai tinggi di pasar aset kripto.

Uang kripto artinya bisa Anda miliki sebagai instrumen investasi mengingat keuntungan melebihi saham. Namun, tetap harus mewaspadai sifatnya yang fluktuatif.

Baca juga: Apakah Uang Kripto Bisa Dicairkan? Simak Ulasannya!

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author