Bursa Kripto RI Segera Hadir Kuartal Pertama 2022, DFX Calon Bursa Kripto Indonesia

by -0 Views
bitcoin g2da429ab4 1920

MediaInvestasi – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan bakal segera mendirikan bursa kripto RI. Hal tersebut bukan tanpa alasan lantaran kripto semakin banyak digemari masyarakat Indonesia. Tidak tanggung-tanggung sudah belasan juta pelanggan dengan transaksi mencapai ratusan triliun pada tahun 2021.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan membangun bursa untuk mata uang kripto. Pendirian bursa tersebut ditujukan untuk menghidupkan sekaligus membuat ekosistem aset menjadi lebih baik. 

Pentingnya Bursa Kripto Indonesia Bagi Investor maupun Transaksi Lokal

Bursa Kripto RI Segera Hadir Kuartal Pertama 2022, DFX Calon Bursa Kripto Indonesia

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengungkap harapan bursa kripto akan segera hadir pada kuartal pertama tahun ini. Ini dikatakannya dalam peresmian T-Hub Tokocrypto di Batu Belig, Bali.

Jerry Sambuaga menambahkan, sekarang transaksi jual-beli secara langsung ke trader. Dengan keberadaan bursa, hal tersebut menjadi lebih accountable mulai dari kliring, custodian dan pencatatan. Selain itu, keberadaan bursa dapat meningkatkan keamanan, perlindungan dan integrasi antara konsumen serta pedagang.

Bursa Kripto Mampu Hidupkan Ekonomi Kreatif Indonesia

Diharapkan, keberadaan Bursa Kripto mampu menghidupkan dan menciptakan lingkungan sehat yang dapat menumbuhkan banyak trader untuk berpartisipasi dalam agenda bursa. Adanya pengembangan bursa mata uang digital tersebut mampu menggairahkan sektor lain seperti, ekonomi kreatif, bisnis turunan dan pariwisata.

Bahkan lebih jauh, Jerry Sambuaga menambahkan bursa ini mampu menghidupkan kelompok Usaha Kecil Menengah, produk Indonesia. Tentunya hal bagus mampu membuat token maupun koin sendiri.

Menurut data yang sudah dihimpun pihak Kemendag hingga Desember 2021, sekitar 11, 2 juta pelanggan aset kripto di tanah air. Sementara proses transaksi mencapai Rp859 triliun. Sedangkan, transaksi harian mencapai Rp2,7 triliun.

Tahapan Pembentukan Bursa Kripto RI Kuartal I 2022

Tahapan dalam pembentukan bursa kripto Indonesia bakal diselesaikan pada kuartal I 2022. Hal ini dapat membantu peningkatan angka investor sekaligus transaksi aset kripto. 

Kepala Biro Pembinaan dan Pengmbangan Pasar Kementerian Perdagangan Tirta Karma Senjaya mengungkap,sekarang calon bursa kripto, Gital Futures Exchange (DFX) tengah melakukan proses izin mendaftarkan diri sebagai bursa berjangka.

Hal tersebut bersesuaian dengan Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 mengenai Pedoman Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto. Tirta Karma Senjaya menambahkan, DFX perlu memenuhi persyaratan dalam waktu 2 bulan dan sudah memperoleh perizinan. 

Calon Bursa Kripto RI tersebut sudah dicek dan siap terhubung dengan kliring, custodian dan pedagang. DFX perlu memiliki modal setor paling kecil Rp.500 miliar.

Baca Juga: Apakah Kripto Halal? Simak Penjelasannya Berikut Ini

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author