Cara Kerja Pasar Saham yang Penting Diketahui Investor

by -5 Views
Cara Kerja Pasar Saham

MediaInvestasi – Cara kerja pasar saham disertai dengan fasilitas serta sistem keamanan untuk investor dalam menanamkan modalnya. Pasar saham bekerja mulai dari perdagangan saham mulai dibuka hingga setelah selesai penutupan perdagangan. 

Cara Kerja Pasar Saham

Cara Kerja Pasar Saham yang Penting Diketahui Investor

Berikut penjelasan secara lengkap terkait kinerja pasar saham, antara lain:

Pra Pembukaan Perdagangan

Saat pra pembukaan perdagangan ini pasar saham akan terjadi penawaran jual beli oleh anggota bursa. Penawaran jual beli ini dilakukan sesuai dengan satuan perubahan harga, satuan, dan ketentuan auto rejection. Pada saat ini juga akan muncul harga pembukaan yang diperoleh harga penawaran dan permintaan terbanyak.

Pada saat pra pembukaan perdagangan ini partisipan di pasar saham bebas untuk melakukan penawaran jual dan permintaan beli. Akan tetapi, tidak semua penawaran dan permintaan tersebut bisa terealisasikan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi pasar saham terkini.

Pra Penutupan

Cara kerja pasar saham saat memasuki pra penutupan adalah Anda perlu memasukkan penawaran penjualan atau permintaan beli sesuai aturan. Setelah itu, akan ada proses pembentukan harga oleh JATS berdasarkan penawaran dan permintaan. Penentuan harga tersebut berdasarkan pada time priority dan price.

Umumnya saat memasukkan penawaran akan terjadi negosiasi pasar antar anggota bursa efek atau nasabah. Negosiasi harga ini untuk menentukan harga saham terbaik sesuai dengan kondisi pasar terkini. Proses negosiasi bisa dilakukan melalui papan advertising yang bisa diubah sebelum pelaksanaan kesepakatan

Pasca Penutupan Perdagangan

Tugas anggota bursa efek pada proses ini, yaitu memasukkan penawaran atau permintaannya serdasarkan harga penuupan. Sementara JATS bertugas untuk melakukan continuous auction secara keseluruhan atau sebagian berdasarkan harga dan time priority.

Setelah penutupan perdagangan akan diketahui persetujuan atas permintaan dan penawaran yang sudah dilakukan. Investor yang membeli saham juga akan mendapatkan penjatahan apabila permintaannya disetujui. Cara kerja dari pasar saham ini disertai dengan sistem keamanan yang membuat setiap transaksinya terjaga

Cara kerja pasar saham mulai dari pra pembukaan hingga pasca penutupan penting untuk dipelajari investor. Alur tersebut perlu diketahui agar Anda tidak kebingungan mengenai cara membeli atau menjual saham yang benar. Sebelum melakukan permintaan dan penawaran penting bagi investor untuk mengamati pergerakan pasar saham.

Baca juga: Harga Minyak Eceran Satu Harga, Rekomendasi Buy Saham AALI

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author