Alat-Alat Tambang Bitcoin Serta 4 Cara Menambangnya

by -0 Views
cryptocurrency ga8cde3acc 1280

MediaInvestasi – Alat-alat tambang Bitcoin bukan berupa alat berat seperti layaknya penambangan komoditas tambang dari perut bumi. Meski menggunakan kata menambang, tetapi menambang Bitcoin berbeda dengan penambangan emas atau batu bara. 

Alat-alat tambang Bitcoin yang dibutuhkan cenderung berharga mahal. Namun, masih bisa digantikan dengan alat lain yang berbasis peralatan komputer.

Alat-Alat Tambang Bitcoin yang Dibutuhkan

business g3b949af51 1280 2

Meski sebutannya menambang, tetapi sebenarnya kata ini hanya perumpamaan saja. Pasalnya tidak membutuhkan aktivitas fisik untuk menggali tanah atau semacamnya demi memperoleh Bitcoin. Penambangan ini hanya istilah yang digunakan oleh dunia cryptocurrency untuk menggambarkan usaha yang dilakukan agar bisa mendapat Bitcoin.

Bitcoin sendiri adalah salah satu aset digital yang memiliki harga tinggi. Koin tersebut populer di kalangan investor dengan harga cukup fantastis. Bahkan untuk saat ini harganya berkisar 600 jutaan.

Aktivitas penambangan Bitcoin yang sesungguhnya adalah proses memecahkan permasalahan matematika yang cukup rumit. Sehingga kerap dikaitkan dengan proses penambangan emas yang melelahkan.

Berikut daftar perangkat komputer yang perlu untuk menambang Bitcoin:

  • Graphic Card
  • Prosesor
  • Hard Drive
  • RAM
  • Motherboard
  • Power Supply
  • Pendingin

Cara Menambang Bitcoin

bitcoin gb58909b57 1280 1

Bitcoin sendiri jumlahnya terbatas, sehingga harganya terus melonjak. Pada saat ini tersedia 21  juta keping Bitcoin. Sedang koin yang berhasil ditambah sudah mencapai 18,84 juta keping.

Keberadaannya yang terbatas ini membuat aktivitas penambangan pun terasa semakin sengit. Pasalnya ada banyak penambang lain yang juga mencoba meraih peluang yang sama. Sehingga dibutuhkan komputer yang canggih dan memiliki cara kerja cepat agar tidak tertinggal dari pesaing.

Adapun langkah penambangan adalah sebagai berikut ini :

  1. Sebelum memulai menambang, lakukan riset terlebih dulu untuk memperhitungkan profitabilitas. Mengingat kegiatan penambangan ini akan mengeluarkan banyak biaya.
  2. Persiapkan perangkat penambangan seperti di atas. Semakin canggih, semakin besar peluang memperoleh Bitcoin. 
  3. Pastikan telah memiliki dompet Bitcoin untuk menyimpan koin yang didapatkan dari penambangan.
  4. Mulai kerja sama dengan sumber penambang Bitcoin. Mining Bitcoin merupakan usaha kerja sama bersama tim. Keuntungannya pun bisa dibagi sesuai dengan kontribusi tiap anggota tim.

Demikian alat-alat tambang Bitcoin yang dibutuhkan serta cara menambang. Tidak perlu ragu memulainya, apalagi jika Anda sudah memiliki semua peralatannya.

Baca juga: Beberapa Fakta Krisis Kartu Grafis di Tahun 2021

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author