Membuka Right Issue Akhir Desember, Harga Saham BGTG Drop Hari Ini

by -0 Views
harga saham BGTG

MediaInvestasi – Sepekan ini pasar saham dunia memang mengalami banyak tekanan. Tidak hanya saham lokal, tetapi juga pasar saham internasional seperti Nasdaq dan Dow Jones. Tetapi yang menarik ini juga menyeret turun banyak saham lokal. Harga saham BGTG sebagai salah satu saham sektor perbankan juga turut drop. Sementara, mereka baru saja right issue akhir Desember lalu. Bagaimana ini terjadi?

Kondisi Pasar Saham yang Drop

harga saham BGTG

Sulit memang bertahan di tengah pemberitaan negatif atas potensi kenaikan suku bunga dari The Fed. Akibatnya tidak hanya pasar Amerika Serikat saja yang harus terengah-engah, pasar saham di Bursa Efek Indonesia juga tak jauh berbeda.

Hari ini, saham IHSG turun 1, 06 persen hingga mencapai angka 6,655.17. Seiring dengan kondisi ini sejumlah saham sektor teknologi dan perbankan termasuk dalam deretan saham yang mengiringi turunnya IHSG. Demikian pula dengan harga saham BGTG.

Seharusnya Harga Saham BGTG Bertahan

BGTG atau PT Bank Ganesha Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan dengan fokus sebagai bank devisa, deposito dan investasi. Sudah berkiprah sejak 1990 walau tidak memiliki masuk dalam jajaran bank besar, tetapi menjadi salah satu bank yang cenderung menunjukan zona hijau di dunia keuangan.

Meski kiprahnya di pasar saham tak selalu cantik, tetapi posisinya relatif stabil. Bahkan dalam salah satu prospektusnya di akhir 2021, Bank satu ini melepas right issue sebesar 5.587.530.000 saham dalam nilai Rp 200 persaham.

Targetnya, perusahaan berencana dapat mengeruk hasil senilai Rp1,12 triliun, yang karena dilepas dengan cara Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD), maka setoran modal hanya 50 persen dari dana yang diterima.

Nantinya, pada tanggal 24 Februari 2022, setiap pemilik 2 lembar saham akan berhak atas 1 MPHMETD yang nantinya bisa digunakan untuk pembelian 1 lembar saham baru. Sedang per 25 Februari, BGTG akan membuka penjualan saham baru di luar PMHMETD.

Ini yang menarik dengan fakta mereka baru saja right issue dan akan ada potensi kepemilikan saham baru di akhir februari. Seharusnya saat ini harga saham BGTG sedang cukup in untuk menarik minat pasar. Tampaknya right issue tak cukup menarik untuk menahan arus bearish saham dunia saat ini. 

Baca juga: Saham Amazon Turun Menukik, Ada Apa Dengan Amazon?

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author