Perbedaan Trading dan Saham Yang Harus Kamu Tahu

by -3 Views
firmbee com dAmHWsRYP9c unsplash e1643039268237

MediaInvestasi – Masih banyak yang belum tahu apa perbedaan trading dan saham untuk investasi. Meski keduanya digunakan sebagai metode keuangan terbaik untuk menambah kekayaan dan punya tujuan yang sama, tapi kedua berbeda. Apa saja perbedaannya? Kamu bisa cek di artikel ini.

Inilah Perbedaan Trading dan Saham Untuk Investasi Yang Jarang Diketahui Investor

Perbedaan trading dan saham

Ada beberapa ciri yang paling mencolok antara trading saham dan investasi saham. Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah pada jangka waktu yang diperlukan untuk mengambil keuntungan investasi tersebut.

Selain itu, bisa dilihat juga dari prinsip dan juga strategi saham yang ingin dijalankan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti penjelasan berikut saja.

Investasi Saham

Investasi saham dilakukan oleh berbagai kalangan, baik pemilik bisnis atau masyarakat awam. Alasannya karena cara ini sangat mudah untuk mengelola uang yang mereka miliki. 

Kegiatannya juga sangat mudah karena cukup dengan membeli beberapa saham yang berprospek cerah dan kemudian menyimpan saham tersebut dalam waktu yang lama.

Saat harga saham yang dibeli naik, barulah saham yang sudah dibeli tersebut dijual untuk alasan atau tujuan investasi saham yang sudah direncanakan sebelumnya. Waktu menyimpan saham biasanya mencapai 5 hingga puluhan tahun.

Sehingga keuntungan yang didapat menjadi lebih besar dibanding trading saham. Akibatnya resiko investasi saham juga lebih kecil dibandingkan bermain trading saham.

Trading saham

Perbedaan antara trading dan saham untuk investasi memang bisa dilihat dari waktu yang digunakan untuk mengambil keuntungan. Jika investasi saham butuh waktu puluhan tahun, berbeda dengan trading saham yang biasanya hanya beberapa bulan saja. 

Tentu saja selama tren kenaikan saham yang dibeli sudah putus. Bahkan banyak pelaku trading saham yang memilih beli saham di pagi hari dan jual di sore hari. Tentunya untuk trading saham juga membutuhkan mental yang kuat.

Sekarang sudah tahu apa perbedaan trading dan saham untuk investasi. Menurutmu mana yang paling cocok dengan kriteria pengelolaan dana keuangan kalian?

Baca juga: Doni Salmanan Trading, Simak Ilmu Dasar Untuk Pemula!

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author