Uang Kripto adalah Aset Digital dengan Nilai Valuasi Pasar Terbesar

by -1 Views
bitcoin gb0356bd0e 1920

MediaInvestasi – Uang kripto adalah mata uang yang tengah menarik perhatian banyak orang di berbagai belahan dunia. Nilainya yang terkadang melonjak fantastis membuat sebagian kalangan mempercayakan hartanya untuk dijadikan aset kripto.

Mata Uang Kripto adalah Aset Digital

Uang Kripto adalah Aset Digital dengan Nilai Valuasi Pasar Terbesar

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang dengan kode rahasia rumit untuk melindungi mata uang ini. Uang kripto ini dijamin oleh kriptografi yang merupakan metode untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi dengan menggunakan kode-kode. Kriptografi ini membuat mata uang kripto sulit dimanipulasi dan transaksi crypto tidak dapat dipalsukan.

Uang-uang kripto ini biasanya tercatat dalam pusat sistem yang dikenal dengan teknologi blockchain.

Uang kripto adalah aset digital yang bisa digunakan sebagai alat tukar. Di Indonesia sendiri mata uang kripto diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dari Kementerian Perdagangan.

Jenis-Jenis Uang Kripto

Uang kripto banyak sekali jenisnya kurang lebih ada 10.000 jenis uang kripto yang diperdagangkan di dunia. Di Indonesia sudah ada 229 aset kripto yang terdaftar di Bappebti. 

Berikut beberapa jenis mata uang kripto yang familiar dan memiliki kapitalisasi pasar terbesar.

Bitcoin

Bitcoin merupakan uang kripto dengan valuasi pasar terbesar di dunia yang mencapai nilai US$,671,78 miliar. Jika diubah ke dalam bentuk rupiah nilainya sekitar Rp.9.673,63 triliun dengan kurs Rp.14.400.

Ethereum

Ethereum menempati posisi pasar kripto kedua setelah Bitcoin. Mata uang kripto ini merupakan perangkat lunak berbasis jaringan blockchain yang bisa diakses secara bebas atau open source. Aplikasi atau software ini memiliki aset kripto bernama Ether.

Dogecoin

Mata uang kripto satu ini merupakan penemuan dari insinyur perangkat lunak Billy Markus. Uang kripto ini menggunakan gambar anjing shiba inu sebagai logo dan kerap dianggap sebagai koin meme.

Selain yang kami sebutkan di atas, masih  banyak lagi mata uang kripto yang beredar di dunia ini. Uang kripto adalah aset digital yang banyak diminati di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Saat ini investor kripto di Indonesia telah mencapai jumlah 6,5 juta orang.

Baca Juga : Bursa Kripto Indonesia Berkurang, Simak 11 Entitas yang Tersisa

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author