Buyback Saham Adalah: Apa Pengaruhnya Untuk Investor?

by -5 Views
Buyback Saham Adalah

MediaInvestasi – Istilah yang harus Anda pahami dalam investasi salah satunya buyback saham adalah dampaknya. Emiten melakukan pembelian kembali saham dan pencatatannya dalam bursa. Sehingga juga akan berdampak kepada portofolio investasi Anda.

Buyback Saham Adalah

Buyback Saham Adalah: Apa Pengaruhnya Untuk Investor?

Istilah buyback saham adalah sebagai tindakan pembelian kembali saham. Untuk kemudian perusahaan tersebut menerbitkannya kembali. Tujuan dari pembelian kembali saham ini agar mengurangi jumlah lembar saham yang ada di pasar modal.

Sebetulnya ada beberapa alasan perusahaan melakukan pembelian kembali saham. Selain untuk meningkatkan nilai saham, melainkan juga untuk mencegah pemegang saham melakukan kontrol pergerakan harga saham.

Tindakan ini memang sedikit membingungkan, namun tindakan ini juga bisa meningkatkan permodalan. Emiten bisa meningkatkan kembali harga saham. hal tersebut sebagai akibat dari jumlah peredaran saham jumlahnya menjadi lebih sedikit.

Perusahaan akan melakukannya ketika merasa harga saham terlalu murah. Sehingga perlu mengadakan pembelian kembali untuk mendapatkan imbal hasil lebih besar.

Melalui pembelian kembali ini, saham akan jauh lebih menarik bagi investor. Rasio laba dari perusahaan dari saham yang beredar akan meningkat. Perusahaan akan menawarkan buyback lewat tender offer. 

Sehingga hanya menawarkan kepada pemegang saham tertentu saja. Menariknya, harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga yang ada di pasar.

Sedangkan jika membeli saham melalui pasar terbuka, maka perusahaan membeli dengan harga pasar. Namun, harus pada periode waktu tertentu dan maksimum 20 persen dari modal yang disetor.

Dampak Buyback

Setelah periode pembelian kembali saham, perusahaan bisa menjualnya. Perusahaan akan mendapatkan cash dari saham yang terjual. Namun, kegiatan perusahaan dalam pembelian kembali saham ini memiliki dampak terhadap investor. 

Saham yang telah dibeli kembali oleh emiten akan lebih likuid dalam transaksinya. Sekaligus transaksi jual beli akan lebih mudah dan akan meningkatkan rata-rata transaksi harian.

Selain itu, nilai saham yang dibeli oleh investor akan meningkat. Meskipun dari harga jual ke pasar bursa memiliki kecenderungan naik pada level tertentu.

Buyback saham adalah sesuai kebijakan dari para emiten secara tidak langsung akan menaikkan harga di bursa. Sehingga investor juga akan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: IHSG Hari Ini, Apakah Akan Menguat Sampai Minggu Depan?

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author