Saham DOID Melesat Harganya, Ini Dia Sebabnya

by -0 Views
Saham DOID Melesat

MediaInvestasi – Saham PT Delta Dunia Makmur Tbk atau DOID mendaki cukup tajam, Senin 24 Januari 2022 ini. Saham DOID melesat 15 persen dari angka 240 pada pembukaan hingga 276 pada penutupan pasar. Ini angka yang cukup menakjubkan, tetapi apa sebenarnya yang terjadi pada salah satu raksasa pertambangan batubara lokal ini?

Pergerakan Harga Saham DOID

Harga Saham DOID Melesat, Ini Dia Sebabnya

Harga saham DOID melesat 15 persen pada hari Senin 24 Januari 2022 merupakan sebuah angin segar untuk pergerakan saham perusahaan ini. Bahkan analis masih meyakini panah hijau mungkin masih akan mewarnai pergerakan DOID dalam beberapa waktu ke depan.

Situasi yang sangat kontradiksi setelah beberapa saat sebelumnya justru saham DOID sempat terpuruk. Berada pada titik terendah dalam satu tahun terakhir, yakni pada angka 230. Peristiwa pada 18 Januari ini seolah menjadi puncak pola bearish yang harus dihadapi DOID sejak Maret 2021.

Ini disebabkan oleh laporan penurunan kinerja operasional Perusahaan hingga 26 persen. Kondisi yang merupakan efek dari melemahnya pasar batubara yang terjadi sepanjang 2021.

Dipersulit lagi dengan munculnya larangan ekspor batubara yang sempat dikeluarkan pemerintah di awal Januari lalu. Ini semakin memberi tekanan untuk perusahan batu bara macam DOID.

Namun dalam hitungan hari, respon pasar putar balik melakukan pembelian massal pada saham DOID. Mendorong harga saham DOID cepat naik ke angka 276. Ada semacam energi positif yang menarik angka dengan demikian kuat.

Energi Positif Yang Mendorong Harga Saham DOID Melesat

Apa sebenarnya energi positif yang sanggup menarik harga saham DOID ke angka yang cukup tinggi dalam 1 hari? Itu adalah harga batubara di pasar Internasional yang naik 7,34 persen hingga pada penutupan pasar komoditas pekan lalu.

Dan tampaknya progress positif masih berlanjut hingga pekan ini. Berkaca dari fakta bahwa  sebelumnya komoditas ini juga telah menunjukan rekor kenaikan hingga 41,65 persen sejak 3 pekan.

Kenaikan harga batubara sebenarnya tergiring oleh menurunnya suplai batubara di dunia. Ini akibat kebijakan larangan ekspor batubara dari Indonesia yang merupakan eksportir batu bara terbesar di dunia.

Kebijakan baru pemerintah untuk kembali membuka jalan ekspor akan turut menurunkan harga pasar. Mungkin saja harga saham DOID melesat lebih jauh lagi. Namun, di sisi lain jelas akan berperan memberi energi positif lain untuk emiten tambang

Baca juga: Saham BRIS Hari Ini, Bagaimana Geliatnya?

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author