Inilah Deretan Saham Paling Aktif Transaksi Pekan Lalu

by -1 Views
Saham paling aktif transaksi

Media Investasi – Di perdagangan minggu lalu, bursa mencatatkan pencapaian kinerja yang lumayan positif. Pekan lalu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rekor harga tertinggi me level 6.714,158 dibanding hari Jumat (12/11), sebelum terkoreksi di zona merah. Lantas saham paling aktif transaksi mana saja yang pantas jadi buruan Anda?

Inilah Deretan Saham Paling Aktif Transaksi Pekan Lalu

Inilah Deretan Saham Paling Aktif Transaksi Pekan Lalu

Pekan lalu, transaksi IHSG cukup besar karena hingga Rp 58,83 triliun atau naik sekitar 5,18% dari pekan sebelumnya yang berada di angka Rp 55,93 triliun. Sehingga Rata Nilai Transaksi Harian (RNTH) meningkat hingga Rp 11,76 triliun.

Berikut deretan emiten saham yang paling aktif ditransaksikan oleh investor di minggu lalu :

PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO)

Emiten ini bergerak di bidang usaha budidaya perairan sekaligus menjadi saham paling aktif berpindah tangan pekan lalu. Dalam sepekan, emiten ini diperdagangkan hingga 143,873 kali, dengan volume 39,59 miliar saham. Nilai transaksi mencatat Rp 2,14 triliun. Jumlah yang sangat luar biasa bukan?

Di bursa pekan lalu, emiten CPRO bangkit dari ‘kubur’ dan langsung melonjak 40% ke level Rp 70 per lembar sahamnya. Setelah 3 tahun relatif tidak bergerak di rentang harga Rp 50 per lembar saham. Adapun kapitalisasi pasar emiten ini mencapai Rp 4,11 triliun.

PT Bank Jago Tbk (ARTO)

Selanjutnya saham paling aktif transaksi di  bursa adalah emiten perbankan milik Jerry Ng yang masuk ke dalam ekosistem Gojek. ARTO diperdagangkan hingga 106,067 kali di pekan lalu. Volume perdagangannya mencapai 199 juta saham, dengan nilai transaksi Rp 3,17 triliun.

Jika dilihat, dalam sepekan saham ARTO menguat 2,14% ke harga Rp 15.500 per saham dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 214,77 triliun. Ini bisa dikatakan pencapaian yang menarik di pekan lalu.

PT Perdana Karya Perkasa Tbk (PKPK)

Emiten yang bergerak di bidang penunjang operasi industri pertambangan ini belum lama diakuisisi oleh pihak swasta. Menjadi saham yang banyak ditransaksikan selanjutnya, PKPK diperdagangkan hingga 88,318 kali pekan lalu.

Volume perdagangannya mencapai 1,10 miliar saham dengan nilai transaksi sebesar Rp 198,28 miliar. Saham ‘receh’ ini naik hingga 28,17% ke level Rp 182 per saham. Adapun kapitalisasi pasar salah satu saham paling aktif transaksi pekan lalu ini mencapai Rp 109,20 miliar.

Baca juga Harga Saham BNI Tidak Terpengaruh Rencana Akuisisi

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author