Bagaimana Situasi Bursa Saham Asia Hari Ini?

by -0 Views
bursa saham asia

Media Investasi – Apa yang terjadi dalam bursa saham Asia secara tidak langsung akan memberi imbas pada pergerakan IHSG. Sementara dalam pekan ini IHSG tampak enggan menggeliat, kita bisa lihat pula bagaimana situasi yang tidak berbeda di pasar saham seluruh Asia.

Apa yang menyebabkan situasi pasar di seluruh Asia tampak lesu? Situasi situasi apa yang berkaitan dengan kondisi saham Asia saat ini? Bagaimana prospeknya dalam waktu dekat?

Kondisi Bursa Saham Asia Hari Ini

Bagaimana Situasi Bursa Saham Asia Hari Ini?

Menurut pengamatan di pasar, secara umum pasar saham di Asia memang tidak dalam kondisi terbaiknya. Berikut data dari pergerakan pasar sejumlah bursa saham Asia yang paling dominan pada tanggal 26 Januari 2022 ini.

Mengintip pada situasi di Tokyo Stock Exchange (TSE),  harga saham Nikkei turun 0,44 persen dengan pembukaan yang sudah drop di angka 27.105. Sementara Topix, turun 0,25 persen dari angka pembukaan yang juga turun di angka 1.900,37.

Sedikit berbeda dengan perkembangan di Korea Exchange (KRX), pasar KOSPI juga tidak jauh berbeda. Mengawali hari dengan zona hijau, pasar ditutup dengan penurunan 0,41 persen. Demikian pula dengan pasar pergerakan hangseng hari ini di Hong Kong Stock Exchange (HKEX). Penurunan terjadi hingga 0,023 persen, setelah di awal hari sempat terjadi pola bullish hingga level 24,477.34.

Sedang IHSG sendiri sebagai pasar saham ke 9 di Asia, juga menunjukan pola serupa. Sempat terjadi kenaikan harga di awal hari namun kemudian kembali drop dalam angka tidak signifikan. Hingga pada level penurunan 0, 049 persen.

Apa Sebenarnya Yang terjadi Dengan Saham Asia?

Bisa dikatakan bahwa saham di seluruh Asia cenderung stagnan sejak awal pekan. Tidak banyak pergerakan berarti yang menunjukan fluktuasi yang menarik. Ini karena saat ini pasar dunia tengah menunggu kepastian dari situasi di Amerika.

Tidak dapat dipungkiri apa yang terjadi di AS memiliki pengaruh sangat kuat pada pasar dunia. Dan kebijakan the Fed yang diperkirakan akan mengeluarkan pengumuman kenaikan suku bunga terhadap dollar AS menjadi salah satu pertimbangan penting pada pengambilan keputusan saat ini.

Dengan situasi inflasi saat ini, peningkatan suku bunga akan menjadi krusial untuk menahan laju inflasi. Hanya saja, ini juga akan menjadi tekanan tersendiri bagi bursa saham, karena investasi dalam perbankan akan menjadi lebih menarik.

Kita tunggu bagaimana hasil pengumuman the Fed pada Kamis dini hari ini. Dan pengumuman ini diharapkan dapat memberi suntikan sentimen positif bagi pasar bursa saham Asia.

Baca juga Autopedia Sukses Lestari Resmi Tercatat di BEI

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author