Modus Penipuan Kripto, Bagaimana Menghindarinya?

by -2 Views
Modus Penipuan Kripto

MediaInvestasi – Masyarakat harus lebih waspada lagi terhadap modus penipuan kripto. Kasus ini meningkat seiring dengan kepopuleran aset kripto menjadi aset investasi. Meskipun dalam hal ini, Bank Indonesia masih belum menyetujui adanya penggunaan kripto sebagai alat pembayaran.

Modus Penipuan Kripto Seperti Apa?

Modus Penipuan Kripto, Bagaimana Menghindarinya?

Data yang ada saat ini, penipuan berkaitan dengan kripto terjadi sejak tahun 2017. Satgas Waspada Investasi sendiri sudah melakukan pemblokiran terhadap 70 entitas aset kripto ilegal. 

Modus dari entitas yaitu menjanjikan pendapatan serta bonus jika berhasil mengajak anggota baru. Berikut tahapan yang sering digunakan untuk melakukan modus penipuan kripto, yaitu:

  • Pelaku menawarkan bisnis secara online dengan iming-iming keuntungan dan penghasilan besar dan tetap. 
  • Setelah itu, pelaku akan meminta anggota lama untuk merekrut anggota baru. Sehingga semakin banyak orang yang terlibat dalam bisnis ini. Untuk lebih meyakinkan, pelaku akan menawarkan komisi setelah berhasil merekrut.
  • Sedangkan perihal keuntungan untuk anggota baru akan dibagikan kepada anggota lama. Skema masih terus akan berjalan selama ada penambahan anggota baru.
  • Pertambahan anggota melambat, secara otomatis pembayaran akan terhambat. Anggota dari komunitas juga kesulitan untuk menarik modal.
  • Pada akhirnya pelaku akan membuat token atau koin kripto. Setelah itu, meminta para anggota untuk menukarkan aset mereka ke token yang dibuatnya. 
  • Selain itu, ada juga pelaku yang telah membuat pasar aset kripto secara fisik. Namun, penukaran juga memerlukan waktu yang lama.

Menghindari Penipuan

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam menerima tawaran untuk berinvestasi. Untuk menghindari modus penipuan, bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Anda bisa memastikan terlebih dahulu tawaran investasi kripto. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek perizinan dari kegiatan usaha ini.
  • Memastikan terlebih dahulu, apakah pihak yang memberi tawaran investasi telah terdaftar sebagai mitra pemasar dari aset kripto.
  • Lebih aman lagi jika sudah terdaftar di Bappebti. 

Memahami modus penipuan kripto akan menghindarkan Anda dari kerugian. Selain itu, memastikan semua tawaran investasi kripto dengan adanya jaminan dari pemerintah akan lebih aman. 

Baca juga: Market Crypto Terbesar Pernah Transaksi Di Sini?

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author