Agio Saham Adalah Salah Satu Parameter Emiten. Simak 3 Pemicunya

oleh -7 Dilihat
Agio saham adalah
Agio saham adalah

MediaInvestasi – Agio saham adalah salah satu poin yang acap kali muncul pada laporan keuangan perusahan emiten yang terdaftar dalam Bursa Efek. Lantas apa sebenarnya agio saham itu dan apa pengaruhnya pada struktur permodalan perusahaan?

Saat membaca laporan dana ekuitas atau struktur permodalan dalam laporan keuangan, agio saham adalah salah satu yang akan Anda temukan. Selain itu, ada pula istilah disagio saham, yang juga terkait dengan aktivitas penjualan saham emiten di pasar modal.

Agio Saham Adalah Komponen Penting Keuangan Perusahaan

stock g04c3ccb83 1280

Agio saham merupakan komponen penting dalam perhitungan nilai keuangan perusahaan dan salah satu parameter perkembangan nilai saham dari emiten itu. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), agio saham bahkan bisa dipandang sebagai kekayaan bersih perusahaan.

Secara harfiah agio saham adalah selisih lebih antara harga yang diterima oleh perusahaan dan harga normal saham. Sedang bila perusahaan menerima kurang dari harga normal disebut sebagai disagio saham.

Agio saham terbentuk dari perbedaan harga yang didapat perusahaan dari harga sebenarnya saham dengan nilai uang yang diterima perusahaan. Selisih ini bisa diperoleh karena 3 sebab yakni :

Saham berhasil dijual di atas harga normal yang telah ditentukan, sementara seluruh nilai jual disetorkan utuh kepada perusahaan.

Terjadi perbedaan nilai antara harga jual dan harga sebenarnya akibat perubahan nilai kurs atau instrumen efek lain sebagai alat tukar.

Saham belum disetor pada beberapa periode lalu dijual dengan harga lebih tinggi, sehingga diperoleh selisih keuntungan.

Hasil dari selisih ini wajib dilaporkan dalam laporan keuangan sebagai bagian dari struktur permodalan. Hal ini sebagai gambaran adanya dana lebih yang diperoleh perusahaan dari penjualan saham. 

Bagaimana Dengan Disagio Saham?

financial ge86f2aed7 1280

Berbeda dengan agio saham, disagio saham diperoleh dari selisih negatif dari harga jual dan harga normal saham. Artinya perusahaan menerima dana dari penjualan saham di bawah harga normal saham. Sehingga harus ada laporan selisih negatif dalam struktur permodalan perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu agio saham, disagio saham dan penjelasannya. Agio saham terkadang juga dibagikan kembali kepada pemilik saham sebagai apresiasi dalam bentuk saham bonus. 

Baca juga: Tips Memilih Saham Untuk Investasi Jangka Panjang

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author