Apa Itu Saham Bonus? Pahami Tujuannya Di Sini

by -0 Views
apa itu saham bonus

Media Investasi – Berdasar keterbukaan informasi BEI pada Minggu 30 Januari 2022, PT Batavia Prosperindo Finance Tbk (BPFI) akan membagikan saham bonus sebanyak 891.332.787 lembar dalam nominal Rp 100. Apa itu saham bonus sebenarnya? Bagaimana dengan tujuan adanya saham bonus dan pengaruhnya terhadap pemilik saham?

Kenali Apa Itu Saham Bonus Sebenarnya

Apa Itu Saham Bonus? Pahami Tujuannya Di Sini

Bagi mereka yang menjadi pendatang baru dalam dunia saham dan bursa efek, kemunculan sejumlah berita seputar saham bonus mungkin tidak mudah dipahami. Apa itu saham bonus dan bagaimana pengaruhnya pada kepemilikan saham?

Saham bonus sejatinya merupakan pembagian saham cuma cuma yang diberikan oleh perusahaan emiten kepada pemilik saham. Besarah ha katas saham bonus biasanya dihitung berdasar prosentasi kepemilikan saham.

Saham bonus merupakan salah satu cara dari pihak emiten untuk menarik minat pasar. Keberadaan saham bonus biasanya bertujuan sebagai bentuk apresiasi. Namun sejatinya, pemberian saham bonus tidak akan menambah prosentasi kepemilikan saham.

Karena meski jumlah saham beredar bertambah, pembagian akan tetap diberikan berdasar prosentasi kepemilikan saham sebelumnya. Jadi pada akhirnya prosentasi kepemilikan tidak akan berubah. Penentuan hak biasanya ditentukan berdasar tanggal transaksi tertentu. Sehingga kepemilikan saham yang tidak sesuai dengan tanggal batasan, tidak berhak atas saham bonus.

Saham bonus tidak bersumber dari laba perusahaan, melainkan dari nilai agio saham. Agio saham sendiri merupakan selisih antara harga jual dan harga normal dari penjualan saham perdana atau IPO. Agio saham ini memang seharusnya menjadi hak dari pemilik saham, karenanya dikembalikan dalam bentuk saham bonus kepada pemegang saham.

Karena dibukukan dari agio saham, maka saham bonus tidak menjadi objek pajak. Berbeda dengan deviden yang memang berasal dari laba perusahaan, maka otomatis menjadi objek pajak.

Apakah Tujuan dan Pengaruh Saham Bonus?

Bagi emiten, tujuan pembagian saham bonus adalah sebagai daya tarik dan kadang bisa menjadi bentuk pencitraan. Namun sebenarnya ada banyak aspek yang perlu Anda cermati dari saham bonus. terutama bahwa dengan pembagian saham bonus, maka jumlah saham beredar meningkat.

Kondisi ini dapat menurunkan harga saham sekaligus meningkatkan likuiditas saham. Namun bila perusahaan menunjukan performa prima, maka efek dari saham bonus ini bisa cukup positif di jangka panjang.

itulah gambaran soal apa itu saham bonus dan bagaimana tujuan serta pengaruhnya bagi perusahaan serta pemilik saham. Jadi, pastikan Anda sudah mengkalkulasi dengan baik untung rugi sebelum memutuskan mengambil bagian dalam pembagian saham bonus.

Baca juga Belajar Saham Pemula, 5 Tips Ini Memberi Keuntungan

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author