Apakah Investasi Saham Halal? Ketahui 3 Unsurnya

by -6 Views
Apakah Investasi Saham Halal

MediaInvestasi – Apakah Investasi Saham Halal? Ketahui 3 Unsurnya. Salah satu permasalahan yang merebak di masyarakat, yaitu apakah investasi saham halal. Seiring dengan pertumbuhan yang pesat di Indonesia, banyak yang masih ragu tentang aturannya dalam agama Islam. 

Mengenal Saham

Apakah Investasi Saham Halal? Ketahui 3 Unsurnya

Untuk menentukan apakah investasi saham halal, maka perlu menganalisisnya mulai dari pengertian sampai hukumnya. Memahami aktivitas trading merupakan transaksi jual beli dalam jangka pendek di pasar finansial. 

Sehingga trading saham memiliki pengertian kegiatan jual beli surat bukti kepemilikan atas perusahaan dalam jangka pendek. Pada umumnya, pengertian jangka pendek para trading adalah melihatnya dari harga pasar setiap harinya.

Anda akan melihat para trader akan melihat perkembangan harga saham setiap saat. Tujuannya adalah memperoleh keuntungan saat menjual saham di waktu yang tepat. Sedangkan untuk investasi dalam saham akan dilakukan dalam jangka waktu panjang. 

Elemen Penilaian Apakah Investasi Saham Halal

Untuk menganalisa tentang halal dan haram, maka perlu Anda pahami ketentuan yang ada pada fatwa Majelis Ulama Indonesia. Berikut 3 analisis mengenai saham berdasarkan Fatwa DSN nomor 40 MUI, yaitu:

  • Untuk melakukan transaksi jual beli saham adalah boleh.
  • Sedangkan untuk saham-saham yang diperoleh harus berasal dari saham perusahaan dagang atau manufaktur. Pelaksanaan jual beli harus sesuai ketentuan yang benar dengan tidak ada rekayasa di dalamnya.
  • Penjualan dan penjaminan saham diperbolehkan, asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan untuk halal atau haram perdagangan saham, MUI melihatnya berdasarkan 3 elemen dasar, yaitu:

  • Transaksi saham
  • Pengelolaan perusahaan
  • Cara penerbitan saham

Jika dalam ketiga elemen tersebut sesuai dengan prinsip syariah, maka trading sifatnya halal. Namun, bisa menjadi haram jika saham berasal dari perusahaan yang bergerak pada bidang yang haram menurut agama Islam. Misalnya saja perusahaan minuman keras dan industri kasino yang diharamkan menurut ajaran Islam.

Selain itu, trading saham menjadi haram jika Anda melakukannya secara spekulasi, misalnya:

  • Tujuan utama melakukan trading saham untuk jual beli, namun berlandaskan spekulasi.
  • Melakukan transaksi dalam waktu yang singkat.
  • Selain itu, jika Anda melakukan transaksi saat harga saham yang naik saja.

Pemahaman yang benar apakah investasi saham halal akan menepis keraguan dalam melakukannya. Sehingga saat melakukan investasi, Anda benar-benar memantapkan hati.

Baca juga: Siapa Bilang Tidak Bisa Main Saham Modal Kecil

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author